Breaking News:

Virus Corona

Alami Demam Usai Vaksinasi Covid-19? Tak Perlu Khawatir, Cukup dengan Lakukan Ini

Usai melakukan vaksinasi beberapa orang mengalami efek demam. Lantas, bagaimana dengan vaksin Covid-19?

TribunBanten.com/Desi Purnamasari
Dosis vaksin Covid-19 yang akan disuntikkan kepada sejumlah tenaga kesehatan di Puskesmas Rangkasbitung, Lebak, Senin (25/1/2021) pagi. 

Akan tetapi, efek samping lain dapat menjadi isyarat kita untuk memeriksakan diri ke dokter.

"Jika Anda mengembangkan gejala tambahan yang tidak terkait dengan vaksin seperti sakit leher, diare, sesak napas, atau batuk, maka itu harus ditindaklanjuti," sebut dia.

Baca juga: Wartawan Mulai Divaksinasi Covid-19 di Gelora Bung Karno Kamis ini

Baca juga: Sempat Takut, Kepala SMA 5 Tangerang Cerita Pengalaman Disuntik Vaksin: Alhamdulillah Aman

Biasanya, efek samping pasca-vaksin cenderung hilang dengan sendirinya setelah beberapa hari.

Namun, Dr Jain mengatakan, ada cara untuk merawat diri sendiri jika kita merasa tidak nyaman pasca-vaksinasi.

"Jika demam naik di atas 39 derajat celsius, mungkin tepat menggunakan obat untuk menurunkan demam," kata dia kepada Bustle.

Kita juga harus memastikan tubuh mendapat waktu tidur dan asupan air yang cukup.

“Hidrasi yang cukup dan istirahat juga dapat bermanfaat bagi pasien yang mengalami demam pasca-vaksinasi,” kata Dr. Jain.

Di atas semua itu, jika ada pertanyaan atau kekhawatiran terkait dengan pengalaman kesehatan yang terjadi, jangan ragu untuk menghubungi dokter.

Artikel ini telah tayang di tribunnewsbogor.com dengan judul Ini yang Harus Dilakukan Jika Alami Demam Usai Vaksinasi Covid-19, Boleh Minum Obat ?, https://bogor.tribunnews.com/2021/02/25/ini-yang-harus-dilakukan-jika-alami-demam-usai-vaksinasi-covid-19-boleh-minum-obat?page=all

Editor: Zuhirna Wulan Dilla
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved