Breaking News:

Inovasi Terbaru, Pembuatan dan Perpanjangan SIM akan Dilakukan Secara Online

Mulai dari registrasi online melalui aplikasi mobile, layanan perpanjangan SIM A dan SIM C, hingga pembayaran secara cashless.

KOMPAS.COM/MURTI ALI LINGGA
Head of Ecosystem Expansion GoPay Edwin Ariono (kedua kanan) melihat proses ujian pembuatan Kartu Surat Izin Mengemudi (SIM) di Satpas Ditlantas Polda Metro Jaya Daan Mogot, Jakarta Barat, Senin (26/8/2019). 

TRIBUNBANTEN.COM – Kepolisian terus melakukan pengembangan dan melahirkan inovasi untuk pelayanan masyarakat.

Terkini, Polda Metro Jaya menciptakan aplikasi Si ONDEL yang dapat digunakan untuk membayar pajak kendaraan bermotor secara daring dan mengirimkan bukti pembayaran ke rumah wajib pajak.

Kasi STNK Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Ardila Amry, mengatakan, ke depannya polisi juga akan menghadirkan layanan pembuatan dan perpanjangan SIM yang bisa dilakukan secara online.

“Di dalamnya berisikan perpanjangan SIM online dan ujian teori SIM online," ujar Amry yang mewakili Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Pol Sambodo Purnomo Yogo, dalam webinar (24/2/2021).

Menurut Amry, nantinya layanan SIM Virtual memiliki beberapa layanan yang bisa dimanfaatkan masyarakat.

Baca juga: Polisi Siaga 24 Jam Foto Pelanggar Lalu Lintas Kota Serang, ini Pelanggaran Kena Tilang Elektronik

Baca juga: Tilang Elektronik Dapat Deteksi STNK Mati atau Telat Bayar Pajak Kendaraan Bermotor

Ilustrasi SIM A, SIM B dan SIM C
Ilustrasi SIM A, SIM B dan SIM C (net)

Mulai dari registrasi online melalui aplikasi mobile, layanan perpanjangan SIM A dan SIM C, hingga pembayaran secara cashless. Lewat layanan ini, pemohon tidak perlu datang ke Satpas.

Tes kesehatan atau psikologi juga bisa dilakukan secara online.

Termasuk juga perekaman data SIM melalui aplikasi pengenalan wajah, hasil pencetakan kartu SIM dapat diambil sendiri atau dikirim melalui jasa pengiriman, dan pembayaran seluruh bank dengan modern channel.

Adapun untuk penerbitan SIM Baru, ujian praktik pemohon SIM harus tetap datang ke Satpas.

Baca juga: Samsat Cikande Layani Drive Thru Pengendara Bermotor, Berikut Prosedur Bayar Pajak Kendaraan

Petugas ruang Simulator Ujian Surat Izin Mengemudi (SIM) C atau kendaraan roda dua di Satlantas Mapolrestabes Kota Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu.
Petugas ruang Simulator Ujian Surat Izin Mengemudi (SIM) C atau kendaraan roda dua di Satlantas Mapolrestabes Kota Bandung, Jawa Barat, beberapa waktu lalu. (KOMPAS/RONY ARIYANTO NUGROHO via Kompas.com)

Hanya ujian teori saja yang bisa digelar secara daring.

“Jadi, ini memang untuk praktik belum bisa kita online-kan, karena memang ini harus langsung bertemu dengan petugas kami di lapangan untuk melihat bagaimana kemampuan pemohon untuk bisa mengaplikasikan apa yang sudah diuji pada ujian teori," katanya.

  

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Polisi Siapkan Layanan SIM Virtual, Bisa Perpanjang dan Bikin Baru"

Editor: Abdul Qodir
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved