Breaking News:

Peringatan HPSN 2021, Benyamin Davnie: Ekonomi Circular Jadi Kunci Pengelolaan Sampah Berkelanjutan

Saya berharap atas dukungan seluruh masyarakat dan stakeholder akan terus menggerakkan guna mewujudkan cita-cita HPSN 2021

dokumentasi Pemkot Tangsel
Peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 yang digelar Sinarmas Land di The Breeze BSD City, Sabtu (27/2/2021). Peringatan HPSN 2021 itu mengundang Pemkot Tangsel dan Pemkab Tangerang. 

TRIBUNBANTEN.COM, TANGERANG SELATAN -  Wakil Wali Kota Tangerang Selatan (Tangsel) Benyamin Davnie menyambut baik pelenggaraan peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 di The Breeze BSD City, Sabtu (27/2/2021).

Peringatan HPSN 2021 itu diselenggarakan Sinarmas Land bersama PT Bumi Serpong Damai Tbk dan mengundang Pemkot Tangsel dan Pemkab Tangerang.

Benyamin, yang hadir pada HPSN itu, berharap kegiatan ini mampu memberikan dampak positif dalam rangka meningkatkan kepedulian terhadap dinamika persampahan.

Menurut dia, momentum peringatan HPSN diambil dari kejadian longsornya sampah di TPA Leuwigajah, Cimahi, Jawa Barat, pada 21 Februari 2005.

Peristiwa itu mengakibatkan 157 warga tewas.

Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie memberikan sambutan pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 yang digelar Sinarmas Land di The Breeze BSD City, Sabtu (27/2/2021).
Wakil Wali Kota Tangsel Benyamin Davnie memberikan sambutan pada peringatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2021 yang digelar Sinarmas Land di The Breeze BSD City, Sabtu (27/2/2021). (dokumentasi Pemkot Tangsel)

Setahun kemudian, insiden tersebut diperingati Sebagai HPSN.

Pada tahun ini, tema HPSN 2021 yang diangkat Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) adalah “Sampah Bahan Baku Ekonomi di Masa Depan”.

Inspirasinya, pertumbuhan industri pengolahan sampah positif di tengah resesi ekonomi akibat pandemi Covid-19.

Selaras dengan program pemerintah pusat, Pemkot Tangsel ingin kembali mengajak untuk mewujudkan sampah sebagai bahan baku ekonomi pada masa pandemi Covid-19.

”Kami sudah mengajak masyarakat dengan mengadopsi ekonomi circular, yaitu memanfaatkan nilai ekonomi sampah secara maksimal dengan penerapan kegiatan mengurangi (reduce), menggunakan kembali (reuse), dan mendaur ulang sampah (recycle),” ujar Benyamin.

Halaman
123
Editor: Agung Yulianto Wibowo
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved