Breaking News:

BPS: Tiga Kota di Banten Ini Jadi Penyumbang Inflasi Terbesar untuk Makanan, Minuman dan Tembakau

Menurut Adhi inflasi terbesar di Kota Cilegon berasal dari tembakau atau rokok yang mengalami perubahan indeks sebesar 2,18 persen.

TribunBanten.com/Wijanarko
Profil Kepala BPS Banten Adhi Wiriana 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Zuhirna Wulan Dilla

TRIBUNBANTEN.COM - Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten mencatat ada tiga kota yang memiliki inflasi tertinggi pada kategori makanan, minuman dan tembakau.

Kepala BPS Provinsi Banten, Adhi Wiriana menyebut tiga kota itu adalah Cilegon, Tangerang dan Serang.

"Cilegon mengalami inflasi tertinggi sebesar 0,64 persen, dengan total nilai indeks harga konsumen di Februari 2021 ini 109,17 persen," ujarnya melalui keterangan tertulis yang diterima TribunBanten.com, Senin (01/03/2021).

Menurut Adhi inflasi terbesar di Kota Cilegon berasal dari tembakau atau rokok yang mengalami perubahan indeks sebesar 2,18 persen.

Sedangkan untuk inflasi makanan di Kota Cilegon naik 0,35 persen dan minuman tidak berakohol 0,35 persen.

"Kalau untuk andil inflasi tertinggi di Kota Cilegon disumbangkan oleh komoditas rokok kretek filter sebesar 0,06 persen, cabai merah dan rokok putih masing-masing 0,04 persen. Kemudian bawang merah dan cabai rawit masing-masing sebesar 0,03 persen," ungkapnya.

"Sementara komoditas yang dominan memberikan andil deflasi di Kota Cilegon adalah daging ayam ras 0,03 persen, udang basah 0,02 persen, buah naga, jeruk dan tomat sebesar 0,01 persen," sambung Adhi.

Kota Tangerang juga berada di nomor urut kedua yang mengalami inflasi makanan, minuman dan tembakau sebesar 0,53 persen.

"Kota Tangerang mendapati nilai indeks harga konsumen bulan Februari 2021 ini sebesar 107,95 persen,"

Halaman
12
Penulis: Zuhirna Wulan Dilla
Editor: Yudhi Maulana A
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved