Breaking News:

Indonesia Miliki 38 Juta Dosis Vaksin Covid-19, Targetkan Vaksinasi Tuntas 1 Tahun

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin, mengatakan selama 6 bulan ke depan akan mendapat total sekitar 90 juta dosis

SURYA/HAYU YUDHA PRABOWO
Ilustrasi vaksinasi 

TRIBUNBANTEN.COM, JAKARTA - Upaya vaksinasi kepada penduduk Indonesia ditargetkan akan selesai selama kurun waktu 12 bulan.

Menteri Kesehatan Republik Indonesia Budi Gunadi Sadikin, mengatakan selama 6 bulan ke depan akan mendapat total sekitar 90 juta dosis dari total kebutuhan sekitar 362 juta dosis untuk 181 juta rakyat Indonesia.

Sehingga, kata dia, sampai bulan September 2021, baru sekitar 45 juta masyarakat yang menerima vaksin.

"Program ini harus selesai dalam waktu 1 tahun sesuai arahan bapak presiden," kata dia, dalam dialog bertema Digitalisasi Percepatan Vaksinasi yang diselenggarakan KPCPEN - FMB9 secara daring pada Kamis (4/3/2021).

Baca juga: Benyamin Davnie Ancam Akan Coret Jatah Vaksin Peserta yang Tidak Hadir Tepat Jadwal

Baca juga: Saat Sopir Bus Tolak Divaksin Covid-19: Klaim Sehat, Ngapain Ikut Vaksin

Untuk memenuhi target itu, Menkes Budi memastikan pemerintah akan berkolaborasi dengan berbagai pihak agar program vaksinasi ini dapat selesai sesuai dengan yang direncanakan.

Adapun kolaborasi yang akan dan sudah dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan, adalah kerjasama antarinstansi pemerintah, kementerian/lembaga dan swasta.

"Saya sudah merangkul TNI. Jadi sekarang TNI dan Polri sudah menyuntikkan sendiri ke tenaga mereka, karena mereka ternyata memiliki tenaga kesehatan yang banyak sekali," ujarnya.

Selain kolaborasi, Menteri Kesehatan memanfaatkan teknologi untuk mempercepat dan memudahkan pelaksanaan vaksinasi agar selesai tepat waktu.

Caranya, dengan menggandeng aplikasi untuk menyederhanakan proses administrasi sehingga dapat memperbanyak titik-titik penyelenggaraan vaksinasi, termasuk dalam bentuk drive thru.

Upaya pemberian vaksin itu untuk mencapai Herd Immunity.

Halaman
123
Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved