Breaking News:

Anggota Kowad itu Sah jadi Laki-laki Bernama Aprilio Manganang, Hakim: Laki-laki Jangan Menangis 

Ia mengaku bersyukur selama 28 tahun bisa menjalani dan melewati hidup dengan status sebagai wanita.

Editor: Abdul Qodir
Tangkapan layar Youtube
Serda Aprilia Manganang menangis saat sidang putusan permohonan penggantian nama, jenis kelamin, dan sejumlah dokumen kependudukan yang berlangsung secara virtual, Jumat (19/3/2021). Majelis hakim Pengadilan Negeri Tondano dalam putusannya mengabulkan permohonan penggantian nama Aprilia Santini Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang dengan jenis kelamin laki-laki. 

TRIBUNBANTEN.COM - Mantan pemain voli putri Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang sebelumnya tercatat sebagai anggota Korps Wanita Angkatan Darat (Kowad), Sersan Dua (Serda) Aprilia Santini Manganang, sah secara hukum menyandang status jenis kelamin laki-laki dengan nama Aprilio Perkasa Manganang.

Hal itu didapat setelah Pengadilan Negeri Tondano mengabulkan permohonan penggantian nama dari Aprilia Santini Manganang menjadi Aprilio Perkasa Manganang, dalam persidangan penggantian nama, jenis kelamin, dan sejumlah dokumen kependudukan yang berlangsung secara virtual, Jumat (19/3/2021).

Aprillia Manganang mengikuti persidangan dari Mabes TNI AD di Jalan Veteran nomor 5, Jakarta Pusat. Ia turut didampingi Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD) Jenderal TNI Andika Perkasa dan istri, Diah Erwiany atau dikenal Hetty Perkasa. 

"Menetapkan pergantian nama pemohon yang semula bernama Aprilia Santini Manganang berubah menjadi nama Aprilio Perkasa Manganang," ujar ketua majelis hakim Nova Loura Sasube saat membacakan putusan.

Selain penggantian nama, majelis hakim juga mengabulkan permohonan pemohon terkait perubahan jenis kelamin di mata hukum.

Serda Aprilia Manganang menjalani sidang putusan permohonan penggantian nama, jenis kelamin, dan sejumlah dokumen kependudukan yang digelar Pengadilan Negeri Tondano, secara virtual dari Mabes TNI AD di Jakarta, Jumat (19/3/2021). 
Serda Aprilia Manganang menjalani sidang putusan permohonan penggantian nama, jenis kelamin, dan sejumlah dokumen kependudukan yang digelar Pengadilan Negeri Tondano, secara virtual dari Mabes TNI AD di Jakarta, Jumat (19/3/2021).  (tribunmanado.co.id/Ryo Noor)

Hakim mengabulkan permohonan perubahan jenis kelamin dari perempuan menjadi laki-laki berdasarkan keterangan saksi, ahli, dan sejumlah bukti. "Menetapkan pemohon Aprilia Santini Manganang mengubah jenis kelamin dari semula jenis kelamin perempuan menjadi jenis kelamin laki-laki," kata Nova.

Dalam penetapannya yang keempat, Pengadilan Negeri Tondano memerintahkan kepada dinas pendudukan catatan sipil Kabupaten Sangihe untuk mencatat register perubahan identitas tersebut.

Baca juga: Gaya Aprilia Manganang di Sidang Penetapan Jenis Kelamin Bikin Pangling! Ada Fakta Unik di Nama Baru

Sejumlah saksi yang dihadirkan dalam persidangan tersebut antara lain ayah dan ibu Aprilio yakni Akip Zamrud Manganang dan Suryati serta teman satu angkatan Manganang di TNI Michael Anatototi.

Sedangkan saksi ahli yang dihadirkan adalah dokter bedah plastik RSPAD dan psikiater RSPAD yang menangangi Manganang yakni Kolonel CKM Guntoro dan Kolonel CKM Bagus Budi.

Aprilia Manganang, anggota Korps Wanita TNI AD yang kini dinyatakan sebagai seorang pria
Aprilia Manganang, anggota Korps Wanita TNI AD yang kini dinyatakan sebagai seorang pria (Kolase Instagram)

Sejumlah bukti yang dihadirkan dalam persidangan antara lain akta kelahiran, dan bukti surat lain yang menyatakan perubahan identitas Manganang.

DIberitakan, Aprilia Manganang yang juga pernah tergabung dalam timnas voli Indonesia, sebelumnya tercatat sebagai warga negara dengan jenis kelamin wanita.

Catatan ini bahkan bertahan hingga dia bergabung dengan TNI AD pada 2016.

Baca juga: Anggota Kowad Aprilia Manganang Dipastikan Laki-laki, Suara Bergetar saat Ditanya Jenderal Andika

Mabes TNI AD yang melihat ada kelainan melakukan sejumlah rangkaian pemeriksaan medis pada Aprillia Manganang di RSPAD Gatot Soebroto Jakarta sejak 3 Februari 2021.

Pemeriksaan meliputi kadar hormon testoteron, urologi, hingga MRI. 

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved