Breaking News:

Virus Corona

Bahaya! Sertifikat Vaksinasi Covid-19 Jangan Diunggah ke Media Sosial

Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Menkominfo) Johnny G Plate meminta sertifikat vaksinasi Covid-19 tidak disebarluaskan di media sosial.

Tribunnews/Jeprima
Tenaga kesehatan (nakes) menunjukkan sertifikat vaksinasi usai menerima vaksin Covid-19 produksi Sinovac (CoronaVac) oleh vaksinator dokter di RSUPN Dr Cipto Mangunkusumo (RSCM), Jakarta Pusat, Kamis (14/1/2021). Setelah beberapa tokoh penting mendapatkan vaksin perdana pada Rabu (13/1), kini vaksinasi Covid-19 diberikan kepada tenaga kesehatan karena mereka merupakan garda terdepan dalam pelayanan dan memberikan contoh teladan kepada masyarakat. Keikutsertaan aktif mereka dalam kegiatan vaksinasi memberikan jaminan bahwa vaksin Covid-19 buatan Sinovac memang aman. 

TRIBUNBANTEN.COM, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika RI (Menkominfo) Johnny G Plate meminta sertifikat vaksinasi Covid-19 tidak disebarluaskan di media sosial.

Menurut dia, upaya menampilkan sertifikat vaksinasi di media sosial dapat mengakibatkan
penyebaran data pribadi.

Padahal, kata Menteri Johnny, perbuatan itu berpotensi membuat data pribadi para penerima vaksin yang terdapat pada QR Code sertifikat dengan mudah tersebar dan diakses oleh orang lain.

"Di dalam QR Code itu ada data pribadi, jadi sertifikat digital kita peroleh, tapi disaat bersamaan kita menjaga data pribadi kita," kata Menteri Johnny dalam ketenangan tertulisnya yang diterima Tribunnews.com, Minggu (21/3/2021).

Baca juga: Sertifikat Vaksinasi Covid-19 Bisa Digunakan untuk Nonton Konser? Begini Kata Menkes Budi Gunadi

Baca juga: Ini 5 Alasan MUI Perbolehkan Gunakan Vaksin AstraZeneca Meski dari Tripsin Babi

Oleh karenanya, politikus dari Partai Nasdem itu mengimbau masyarakat tidak mengunggah sertifikat bentuk apapun yang disertai QR Code.

Terlebih kata dia, jika keperluan dari mengunggah sertifikat tersebut bukan untuk suatu keperluan penting.

"(Jaga data pribadi kita,-red) dengan cara tidak mengedarkan (sertifikat) nya untuk kepentingan yang tidak semestinya," pesan Johnny.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Menkominfo Minta Masyarakat Tak Mengunggah Sertifikat Vaksinasi Covid-19 di Media Sosial

Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved