Breaking News:

Masyarakat Baduy Bakal Terima Vaksin Covid-19, Pemkab Lebak Lakukan Cara-cara Berikut

Pemerintah Kabupaten Lebak menggunakan pendekatan humanis dan persuasif untuk memberikan vaksin kepada masyarakat adat Baduy.

Kemenparekraf RI
Kawasan Suku Adat Baduy 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Pemerintah Kabupaten Lebak menggunakan pendekatan humanis dan persuasif untuk memberikan vaksin kepada masyarakat adat Baduy.

Masyarakat adat Baduy dalam dan luar menerima vaksin dari pemerintah setempat.

"Kami sekarang sedang menggunakan cara humanis dan persuasif. Saat ini, kami sedang lakukan sosialisasi," kata Bupati Lebak, Iti Octavia Jayabaya, saat dihubungi, Senin (22/3/2021).

Upaya pemberian vaksin itu, kata dia,
sebagai langkah mencegah penularan coronavirus disease 2019 (Covid-19) di Kota Serang, Banten.

Meskipun begitu, selama satu tahun pandemi Covid-19, belum ada warga masyarakat adat Baduy yang terpapar virus.

Saat ini, kata dia, Pemkab Lebak sedang melakukan pendekatan kepada masyarakat yang ada di sana untuk menerima vaksinasi tahap ketiga yang akan dimulai dalam waktu dekat.

Menurut dia, pemerintah tidak bisa memaksakan penyuntikan vaksin kepada masyarakat.

Dia berharap sebelum melakukan vaksinasi, nantinya pemerintah daerah dan pusat harus bisa meminta izin dan bersilaturahmi terlebih dahulu kepada kepala adat dan meminta pertimbangan keputusan dari masyarakat adat.

"Ya, kita harus ikut cara main masyarakat di sana, karena mereka mengikuti kebijakan adat bukan kebijakan pemerintah," ujarnya.

Nantinya, apabila para tokoh dan masyarakat adat mau divaksin, pihaknya akan menjalankan di perkampungan Baduy atau Ciboleger.

Tak hanya itu, setiap warga wajib mengikuti pemeriksaan kesehatan terlebih dahulu. Jika dinyatakan memenuhi syarat, maka baru akan disuntik vaksin Covid-19.

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan
Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved