Breaking News:

Peringatan Hari Air Sedunia, Wagub Banten: Air Waduk Sindang Heula untuk SPAM Serang dan Cilegon

Pemerintah Provinsi Banten merencanakan mengembangkan Bendungan Sindangheula di Serang untuk menjadi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional

istimewa
Pemerintah Provinsi Banten merencanakan mengembangkan Bendungan Sindangheula di Serang untuk menjadi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional dengan kapasitas 800 liter/detik. 

TRIBUNBANTEN.COM, BANTEN - Pemerintah Provinsi Banten merencanakan mengembangkan Bendungan Sindang Heula di Serang untuk menjadi Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) regional dengan kapasitas 800 liter/detik.

SPAM regional ini akan dikelola Pemerintah Provinsi Banten untuk melayani kebutuhan air bersih di Kabupaten Serang, Kota Serang, dan Kota Cilegon, Banten.

"Ini mengingat Bendungan Sindang Heula memberikan manfaat untuk penyediaan air baku untuk wilayah Kabupaten Serang, Kota Serang dan Kota Cilegon sebesar 0,80 m3/detik," kata Wakil Gubernur Banten Andika Hazrumy, dalam keterangannya, Senin (22/3/2021).

Baca juga: Peringati Hari Air Sedunia di Bendungan Sindang Heula, Ratu Tatu Harap Manfaatnya Bisa Maksimal

Baca juga: Bendung Sindang Heula Diresmikan Jokowi, Warga Berharap Bisa Dapat Pekerjaan

Pernyataan itu disampaikan dalam acara peringatan Hari Air Sedunia (HAS) 2021 Tingkat Nasional yang dipusatkan di Bendungan Sindang Heula Kabupaten Serang, Senin (22/3).

Hadir dalam peringatan Hari Air Sedunia itu, Menteri PMK Muhadjir Effendy, Wakil Menteri PUPR John Wempi Wetip, dan Bupati Serang Ratu Tatu Chasanah.

Dalam kegiatan di Bendungan Sindang Heula yang baru saja diresmikan Presiden Joko Widodo tersebut, dilakukan penanaman pohon dan tebar benih ikan.

Andika menjelaskan, Bendungan Sindang Heula memiliki fungsi sebagai penyediaan kebutuhan suplai ke daerah irigasi Cibanten dengan luas 1.289 Ha sebesar 0,80 m3/detik.

Berikutnya juga sebagai pengendalian banjir hilir Kabupaten Serang dan Kota Serang dengan kapasitas tampung banjir sebesar 1,5 juta meter kubik, serta menyediakan sarana rekreasi dan tujuan wisata air, konservasi alam dan potensi pembangkit listrik sebesar 0,40 megawatt.

Terkait peringatan hari air sedunia sendiri, Andika mengatakan, momentum tersebut merupakan peringatan untuk menyadarkan masyarakat dunia akan pentingnya air bersih dan pengelolaan sumber air yang berkelanjutan.

"Betapa air saat ini harus diselaraskan fungsinya. Baik secara sosial, ekonomi maupun lingkungan hidup. Karena itu, seluruh pihak dan masyarakat diharapkan dapat melestarikan sumber daya air," katanya.

Halaman
12
Editor: Glery Lazuardi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved