Breaking News:

Cegah Stunting, DKPP Kabupaten Serang Dorong Warga Menanam Sayuran di Pekarangan Rumah

Program P2L nantinya akan memberdayaan kelompok wanita tani dengan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lahan tanam untuk semua jenis tanaman

TribunBanten.com/Tajudin
ILUSTRASI - Menanam pakcoy menggunakan memakai sistem hidroponik. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan (DKPP) Kabupaten Serang melakukan penguatan akses serta ketersediaan dan penguatan pangan untuk pencegahan stunting.

Program Pekarangan Pangan Lestari (P2L) menjadi salah satu upaya intervensi tersebut, yang difokuskan pada pemberdayaan kelompok masyarakat.

Nantinya masyarakat bisa memanfaatkan pekarangan atau lahan kosong di dekat rumah untuk ditanami beragam tanaman sumber karbohidrat, protein, vitamin dan mineral untuk dikonsumsi keluarga.

Kepala DKPP Kabupaten Serang, Suhardjo mengatakan, Pencegahan stunting penting untuk mewujudkan sumber daya manusia yang sehat, aktif, dan produktif.

Baca juga: Detik-detik Terduga Teroris Diduga Wanita Serang Mabes Polri, Mondar-Mondir Lalu Acungkan Senjata

Baca juga: 3 Bulan, Satnarkoba Polres Serang Kota Ungkap 35 Kasus, 51 Orang Tersangka, Sebagian Besar Remaja

Menurut Suhardjo, program P2L bermanfaat bagi keluarga yang terkena stunting, karena dapat memenuhi asupan gizi melalui beragam komoditas pangan yang ditanam.

"Program ini penting untuk meningkatkan kualitas konsumsi pangan dan gizi keluarga," ujarnya kepada TribunBanten.com, Rabu(31/3/2021).

Hadirnya P2L, di Kabupaten Serang, merupakan salah satu fokus penanganan stunting yang diharapkan bisa menekan angka stunting di wilayah tersebut.

Program P2L nantinya akan memberdayaan kelompok wanita tani dengan memanfaatkan pekarangan rumah sebagai lahan tanam untuk semua jenis tanaman konsumsi.

Ia pun menuturkan, program tersebut akan terfokus di daerah yang sudah diplot yang terdeteksi memiliki kasus stunting yang cukup tinggi.

"Untuk saat ini yang sudah berjalan ada di daerah Carenang dan Padarincang, untuk daerah yang lainnya akan dilakukan secara bertahap" ujarnya.

Ia mengatakan stunting ini dapat dicegah dengan memberikan nutrisi yang baik kepada ibu hamil atau wanita dalam masa subur.

"Seperti sayuran hijau, daging segar yang memang banyak mengandung vitamin dan protein, ini akan membantu juga memberikan keturunan yang akan tumbuh baik," tuturnya.

Penulis: desi purnamasari
Editor: Yudhi Maulana A
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved