Breaking News:

Update Kebakaran Kilang Minyak Pertamina Balongan, Dua Tanki Berhasil Dipadamkan

Setelah meledak dan terbakar pada Minggu (28/3/2021) kemarin, api di kilang minyak Pertamina di Balongan mulai padam.

Editor: Glery Lazuardi
Tribun Cirebon/ Handhika Rahman
Kilang milik PT RU VI Balongan Indramayu terbakar, Senin (29/3/2021) dini hari. 

TRIBUNBANTEN.COM - Setelah meledak dan terbakar pada Minggu (28/3/2021) kemarin, api di kilang minyak Pertamina di Balongan mulai padam.

Berdasarkan keterangan yang disampaikan PT Pertamina (Persero), hingga Rabu (31/3/2021) pagi, kobaran api di dua tanki sudah padam.

Petugas memadamkan api di satu tanki pada Rabu sekitar pukul 01.30 WIB dini hari tadi, disusul 1 tanki lagi sekitar pukul 06.44 WIB.

Baca juga: Update Ledakan Kilang Minyak Pertamina di Balongan: Hasil Analisa BMKG Tak Terdeteksi Sambaran Petir

Baca juga: Kilang Minyak Pertamina di Balongan Terbakar, Dirut Pertamina Beberkan Kronologi Kebakaran

Senior Vice President Corporate Communication & Investor Relations Pertamina Agus Suprijanto mengatakan 2 tanki lainnya terus dilakukan upaya pemadaman.

Menurutnya, Pertamina telah mengerahkan seluruh sumber daya dan mengoptimalkan penanganan insiden kebakaran 4 tanki di area T-301 Kilang Balongan.

"Alhamdulillah dua titik api telah berhasil dipadamkan, yaitu api di tanki T-301 H dan T-301 E. Dua tanki lainnya yaitu T-301F dan T-301G masih terus kita kerahkan," kata Agus.

Agus menambahkan, pengaturan orientasi peralatan fire fighting sudah dilakukan dan akan segera dimulai fire fighting kembali setelah peralatan on position, dengan sasaran 2 tanki yang masih terbakar, yaitu T-301F dan T-301G.

Untuk T-301H dan T-301E, meski api telah padam, pendinginan dengan fire truck masih terus dilakukan untuk memastikan agar tidak ada flash lagi.

Sebelumnya, Tim Emergency Pertamina telah melokalisasi titik api di dalam bundwall atau tanggul di sekeliling tangki T-301 dimana terdapat 4 Tanki penyimpanan BBM.

Pemadaman juga dilakukan dengan menggunakan Foam ke Perimeter Bundwall dan pusat nyala api serta mengerahkan 10 mobil pemadam kebakaran, yang terdiri dari Mobil Damkar Pertamina Group dan Pemda setempat.

" Pertamina tetap fokus memadamkan api di 2 Tanki lainnya dan terus mengerahkan segala daya dengan offensive fire handling,"pungkas Agus.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Update Kilang Balongan, Pertamina: Dua Tangki Berhasil Dipadamkan

Sumber: Tribunnews
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved