Breaking News:

97 Rumah di Empat Kecamatan di Lebak Terendam Banjir

sebagian besar wilayah Banten diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak Jumat (2/4/2021) malam sampai Sabtu dini hari.

Dok BPPD Kabupaten Lebak
Sebanyak 97 rumah di empat kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten, terendam banjir pada Sabtu (3/4/2021), setelah diguyur hujan deras. Di antaranya terjadi di Perumahan Bukit Kaduagung Utama, Kecamatan Cibadak, Lebak. 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Sebanyak 97 rumah di empat kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten, terendam banjir pada Sabtu (3/4/2021).

Empat kecamatan itu adalah Kecamatan Rangkas Bitung, Cibadak, Bojong Manik, dan Warung gunung. Salah satu titik banjir berada di Perumahan Bukit Kaduagung Utama, Kecamatan Cibadak, Lebak.

Kepala BPBD Kabupaten Lebak, Febby Rizki Pratama menerangkan, banjir di beberapa titik di empat kecamatan tersebut disebabkan hujan dengan intensitas tinggi sejak Jumat malam hingga dini hari.

"Jadi, ada beberapa titik kecamatan yang terendam banjir dan itu disebabkan oleh drainase yang kurang maksimal untuk menampung daya kubik air yang turun," kata Febby saat dihubungi TribunBanten.com.

Baca juga: Banjir di Kasemen, Pohon Tumbang di Pencanangan dan Panggung Jati, Tagana dan BPBD Jaga-jaga

Baca juga: Isak Terkejut Suara Gemuruh, Tanah Bergerak Membelah Jalan Cibeber Lebak, BPBD Imbau Warga Waspada

Bahkan, status Sungai Ciujung yang berhulu di kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak Bogor dan melintasi Kabupaten Lebak meningkat menjadi waspada akibat cuaca ekstrem sehari kemarin.

Sebanyak 97 rumah di empat kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten, terendam banjir pada Sabtu (3/4/2021), setelah diguyur hujan deras. Di antaranya terjadi di Perumahan Bukit Kaduagung Utama, Kecamatan Cibadak, Lebak.
Sebanyak 97 rumah di empat kecamatan di Kabupaten Lebak, Banten, terendam banjir pada Sabtu (3/4/2021), setelah diguyur hujan deras. Di antaranya terjadi di Perumahan Bukit Kaduagung Utama, Kecamatan Cibadak, Lebak. (Dok. BPPD Kabupaten Lebak)

BPPD Kabupaten Lebak menurunkan tim dan peralatan untuk melakukan penyedotan dan mengevakuasi warga yang terjebak banjir di rumahnya.

"Kami sudah menurunkan lima perahu karet dan alat pompa untuk membuang air yang tergenang di rumah-rumah warga. Dan hingga saat ini banjir sudah mulai surut," jelasnya.

Baca juga: Video Detik-detik Proses Evakuasi Polisi yang Ikut Terperosok Pos Polisi yang Tergerus Longsor

Sebelumnya, sebagian besar wilayah Banten diguyur hujan dengan intensitas tinggi sejak Jumat (2/4/2021) malam sampai Sabtu dini hari.

Selain banjir, hujan juga mengakibatkan tanah longsor di tiga kecamatan di Lebak. 

Selain drainase buruk, banjir juga disebabkan meluapnya Sungai Ciujung akibat besarnya volume air.

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved