Breaking News:

Polda Siap Mengawal Akselerasi Digitalisasi Ekonomi dan Keuangan di Banten

Sinergitas dan juga saling berkoordinasi bersama-sama dengan pemda, Bank Indonesia, Otortitas Jasa Keuangan

Penulis: Amanda Putri Kirana | Editor: Agung Yulianto Wibowo
TribunBanten.com/Amanda Putri Kirana
Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten Erwin Soeriadimadja dan perwakilan Ditreskrimsus Polda Banten Komisaris Polisi Erwan Adi di Festival Ekonomi Keuangan Digital (FEKDI) 2021 di Kantor BI Banten, Senin (5/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Amanda Putri Kirana

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Banten mendukung penuh pemerintah daerah dan pihak-pihak terkait dalam melaksanakan akselerasi digitalisasi ekonomi.

Hal itu dikatakan perwakilan Ditreskrimsus Polda Banten Komisaris Polisi Erwan Adi pada Festival Ekonomi Keuangan Digital (FEKDI) 2021 di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Banten, Senin (5/4/2021).

"Kami akan memberikan dukungan penuh dengan melakukan pengamanan perekonomian sampai ke daerah-daerah," ujarnya.

Menurut Erwan, kepolisian akan menjamin perputaran uang di masyarakat guna mencapai percepatan pemulihan ekonomi.

Baca juga: FEKDI 2021: BI Banten Fokus Perluas Retribusi Digital dan Kanal-kanal Pembayaran Nontunai

Baca juga: Digitalisasi Ekonomi: Buka 26 Juta Lapangan Pekerjaan dan Konsumsi Naik 30%, Tapi Ini Risikonya

Selain itu, pihaknya juga akan secara aktif mencari solusi untuk keluar dari permasalahan ekonomi yang disebabkan oleh pandemi Covid-19. 

“Dalam hal mengawal dan melakukan pengamanan perekonomian di era digitalisasi, tentunya kami harus memahami dan menguasai pemantauan digital,” kata Erwan.

Hal ini bertujuan agar kejahatan yang berbasis teknologi internet dapat segera ditindaklanjuti dengan melakukan langkah-langkah pre-emtif, preventif, dan represif.

Menurut Erwan, era digitalisasi ini menuntut adanya sinergi peran pemangku kepentingan, baik di level pusat maupun daerah.

Baca juga: Bank Indonesia Provinsi Banten Dorong Pengembangan UMKM Daerah

Seperti sinergi antara pemerintah, kementerian/lembaga, DPR, otoritas, dan pelaku industri, termasuk aparat penegak hukum, yakni Kepolisian dan TNI di berbagai daerah.

“Sinergitas dan juga saling berkoordinasi bersama-sama dengan pemda, Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), perbankan, serta pelaku usaha harus benar-benar ditegakkan,” ucap Erwan.

Polda dan para pemangku kepentingan harus senantiasa bergotong royong menanggung risiko bersama secara proporsional dan melakukannya dengan prinsip kehati-hatian.

“Tujuannya agar para pelaku usaha dan korporasi tetap berjalan, pemutusan hubungan kerja (PHK) masif dapat dicegah, dan sektor keuangan tetap stabil,” kata Erwan.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved