Breaking News:

KUNCI JAWABAN Tema 9 Kelas 6 SD Halaman 88, 91, 92, 93 95, 96 Fakta tentang Bintang Jatuh

Fakta tentang Bintang Jatuh, Benda Angkasa Luar dan Rahasianya. Kunci jawaban Buku Tematik tema 9 kelas 6 SD/MI halaman 88, 91, 92, 93 95, 96.

GRAFIS TRIBUN PONTIANAK/ENRO
Ilustrasi - Belajar di rumah. 

TRIBUNBANTEN.COM - Fakta tentang Bintang Jatuh, Benda Angkasa Luar dan Rahasianya. Kunci jawaban Buku Tematik tema 9 kelas 6 SD/MI halaman 88, 91, 92, 93 95, 96 Pembelajaran 2 Subtema 2.

Kunci jawaban Buku Tematik ini hanya ditujukan bagi orang tua dalam memandu proses belajar anak di rumah.

Masih banyak rahasia di luar angkasa yang ingin diungkapkan. Langit yang membentang sangat luas itu memiliki misteri yang pasti menyenangkan untuk diketahui. Kita telah mengetahui bahwa bumi bukanlah satu-satunya planet di tata surya. Kita juga telah mengetahui bahwa tata surya hanya salah satu dari sekian banyak sistem yang ada di alam semesta. Kedua hal tersebut semakin membuat kita menyadari betapa manusia hanyalah bagian yang sangat kecil dari semesta alam. Ayo, kita cari tahu lebih banyak tentang alam semesta!

Ayo Membaca

Fakta tentang Bintang Jatuh

Ketika kita sedang memandangi langit malam yang cerah bertabur bintang, mungkin kita akan melihat bintang jatuh yang bergerak begitu cepat. Tetapi, benarkah itu benar-benar bintang yang jatuh? Mengapa disebut bintang jatuh?

gambar 1 subtema 2

Sebuah bintang jatuh sebenarnya adalah nama lain untuk meteoroid. Meteorid tersebut terbakar saat mencoba memasuki atmosfer Bumi. Jadi, bintang jatuh bukanlah bintang sama sekali. Tidak ada bintang yang dapat jatuh. Meteoroid adalah benda kecil yang ada di luar angkasa. Ukuran meteroid mulai dari sebutir pasir hingga berdiameter sebesar sepuluh meter. Jika meteoroid berukuran lebih kecil dari sebutir pasir, para astronom menyebutnya sebagai debu antarplanet. Tapi jika meteoroid itu berdiameter lebih dari 10 meter, para astronom menyebutnya sebagai asteroid.

Meteoroid disebut sebagai Bintang Berekor. Ketika meteorid memasuki atmosfer Bumi, ia akan membentuk ekor terang di belakangnya. Ekor atau garis terang di belakangnya disebabkan oleh meteroid yang bergesekan dengan atmosfer Bumi. Gesekan dengan atmosfer ditambah kecepatan yang tinggi ketika meteroid memasuki Bumi menyebabkan suhunya naik dan membuatnya berpijar. Meteoroid yang berpijar tersebut tampak dari Bumi seperti bintang yang bergerak atau bintang jatuh.

Masih ingatkah kamu tentang asteroid dan sabuk asteroid yang berada di sistem tata surya kita? Sabuk asteroid merupakan kumpulan asteroid yang membatasi antara planet dalam dan planet luar dalam tata surya kita. Asteroid berjumlah sangat banyak dan besar. Asteroid tersebut tertahan di jalurnya di antara orbit planet Mars dan Yupiter. Para ahli menduga ada sekitar 30.000 asteroid yang berada di sabuk asteroid. Asteroid juga diduga sebagai planet yang tidak jadi. Oleh sebab itu, ukuran diameternya bervariasi antara 10 meter hingga 30 km. Asteroid mempunyai ukuran yang lebih kecil dibanding planet, tetapi berukuran lebih besar dibanding meteoroid.

Baca juga: KUNCI JAWABAN Tema 8 Kelas 5 SD/MI Halaman 109, Apa Ciri-ciri Karya Gambar Cerita?

Baca juga: KUNCI JAWABAN Tema 7 Kelas 2 SD Halaman 12 Tentukan Bunyi yang Lebih Kuat dan Bunyi yang Lemah!

Sumber: www.infoastronomy.org dengan penyesuaian

Halaman
1234
Editor: Vega Dhini
Sumber: Tribun Padang
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved