Breaking News:

Pengadilan Agama Serang Luncurkan Aplikasi Simpel Pas, Berikut Manfaat dan Cara Penggunaannya

Satu diantaranya bernama Simpel Pas, yakni sistem manajemen informasi pelayanan elektronik Pengadilan Agama Serang.

TribunBanten.com/Desi Purnamasari
Aplikasi Simpel Pas Pengadilan Agama Kota Serang 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Pengadilan Agama Serang meluncurkan empat aplikasi guna meningkatkan kualitas pelayanan dan memberi kemudahan kepada masyarakat, Senin (12/4/2021).

Satu diantaranya bernama Simpel Pas, yakni sistem manajemen informasi pelayanan elektronik Pengadilan Agama Serang.

Kasubag perencanaan IT dan pelaporan Pengadilan Agama Serang, Sumadi mengatakan aplikasi ini sudah dapat diinstal melalui PlayStore.

"Setelah diinstal diaplikasi tersebut akan ada beragam menu pilihan yang nantinya dapat disesuikan dengan kebutuhan pengguna," ujarnya kepada TribunBanten.com Selasa (13/4/2021).

Pada aplikasi tersebut tersedia layanan call center PA Serang, Pos Bantuan Hukum (Posbakum) yang dapat digunakan untuk melakukan pendaftaran melalui telepon.

Setelah itu berkas-berkasnya dapat dikirim melalui email atau whatsApp.

Selian itu, aplikasi ini bisa juga terhubung dengan layanan Disdukcapil Kabupaten Serang dan layanan Kemenag Kota Serang untuk menyakan perihal pembaharuan setelah selesainya sidang atau pengurusan pembuatan lainnya.

"Untuk layanannya akan langsung terhubung dengan nomor WhatshApp dan kirim format sesuai dengan pertanyaan yang akan diajukan. Jika tidak sesuai akan otomatis membalas dan memberikan format petujuknya," tutur Sumadi.

Aplikasi Simpel Pas ini juga terdapat layanan bernama Go-Sppa yang dapat mengantarkan surat produk Pengadilan Agama Serang.

Untuk layanan antar surat ini, sebelumnya pemohon harus mengisi data diri terlebih dahulu setelah itu baru akan dilakukan proses pengiriman ke rumah oleh PA Serang.

Untuk biaya pengiriman disesuaikan oleh kantor pos.

Aplikasi ini juga dapat melihat jadwal sidang, prosedur perkara, scan info perkara, scan akta cerai, kalkulator panjar atu uang muka biaya perkara, permohonan sidang isbat, cerai gugat dan seputar berita di pengadilan agama.

Bagi pemohon yang belum mengetahui berapa biaya jika ingin melakukan gugatan, maka dapat menggunakan kalkulator biaya perkara tersebut.

Layanan call center dan via WhatsApp hanya dapat digunakan pada saat jam kerja mulai pukul 08.00 - 15.00 WIB setiap hari senin dan untuk jumat sampai pukul 16.00 WIB.

Penulis: desi purnamasari
Editor: Yudhi Maulana A
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved