Breaking News:

News

Kemanag Sebut Bayar Zakat Online Bisa Jadi Solusi di Tengah Pandemi, Ini Penjelasannya

Zakat online bisa menjadi salah satu cara untuk penyaluran zakat di tengah pandemi Covid-19.

Editor: Zuhirna Wulan Dilla
tokopedia.com
ILUSTRASI Zakat Fitrah - Doa Niat Bayar Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri dan Keluarga Serta Besaran Zakat Fitrah dan Tata Caranya 

TRIBUNBANTEN.COM - Zakat online bisa menjadi salah satu cara untuk penyaluran zakat di tengah pandemi Covid-19.

Melansir Tribunnews, Direktur Pemberdayaan Zakat dan Wakaf Kementerian Agama Tarmizi Tohor mengatakan pada masa pandemi Covid 19 seperti saat ini, penyaluran zakat secara online bisa menjadi solusi. 

Mengingat zakat yang dibayarkan harus disebarkan tepat sasaran hingga bisa mencapai 8 golongan.

“Membayar zakat secara online atau secara langsung hanya berbeda medianya saja,” kata Tarmizi melalui keterangan tertulis, Rabu (14/4/2021).

Baca juga: Fatwa MUI Memperbolehkan Zakat Fitrah Dilakukan Sejak Awal Ramadan, Ini Penjelasan Lengkapnya

Baca juga: Ini Cara Bayar Zakat Fitrah, Lengkap dengan Bacaan Niat dan Besaran Nominalnya

Tarmizi menjelaskan selama zakat sampai ke penerima zakat dan lembaga pengelolanya jelas, zakat online bisa dilakukan sebagai kemudahan dalam beramal. 

Selain itu, zakat online memiliki beberapa kelebihan, di antaranya laporan keuangan yang transparan, karena memiliki bukti transaksi, dan zakat juga bisa disalurkan lebih cepat ke penerima zakat oleh lembaga pengelola zakat.

“Zakat online juga memungkinkan untuk menjangkau masyarakat secara lebih luas hingga bisa membantu lebih banyak orang," ungkap Tarmizi. 

Baca juga: Simak! Ini Daftar Orang yang Diperbolehkan Tidak Puasa di Bulan Ramadan, Dari Musafir Hingga Lansia

Baca juga: Benarkah Tidur saat Puasa Ramadan Dapat Pahala? Ini Penjelasan Lengkapnya

Dirinya berharap seluruh lembaga zakat cepat bergerak dengan memanfaatkan semua jaringan-jaringan, dan alat komunikasi untuk menyambut digitalisasi agar dapat bertransformasi menuju zakat online.

“Lembaga zakat harus dapat memanfaatkan kanal-kanal digital untuk menggandeng para muzaki. Optimalisasi jaringan media sosial juga harus dilakukan agar menjadi upaya ‘jemput bola’ bagi zakat,” pungkas Tarmizi. 

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Kemenag: Zakat Secara Online Dapat jadi Solusi Penyaluran Selama Pandemi Covid-19 , https://www.tribunnews.com/nasional/2021/04/14/kemenag-zakat-secara-online-dapat-jadi-solusi-penyaluran-selama-pandemi-covid-19

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved