Breaking News:

Selain Beras, Bulog Serang Hadirkan Sejumlah Produk Merek KITA dengan Harga di Bawah Pasaran

Artinya, harga produk yang dijual tidak akan mengikuti harga pasaran kendati harga pasaran sedang naik.

TribunBanten.com/Amanda Putri Kirana
Sejumlah produk atau komoditas pangan merek KITA di gerai Rumah Pangan Kita (RPK) Bulog Sub Divre Serang, Jalan Raya Cilegon nomor Km 3,5, Drangong, Kecamatan Legok, Kota Serang, Banten, Rabu (14/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Amanda Putri Kirana

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Dalam hal menjaga ketersediaan, keterjangkauan, dan stabilisasi harga, Badan Urusan Logistik (Bulog) menghadirkan gerai Rumah Pangan Kita (RPK) sejak 2016 di seluruh Indonesia, termasuk di Kota Serang.

Kepala Bulog Sub Divre Serang Budhi Indrawan mengatakan, RPK didirikan dari sebuah langkah Bulog dalam mengeluarkan merek “KITA” untuk beberapa jenis komoditas bahan makanan pokok.

Produk atau komoditas tersebut meliputi beras jenis premium dan medium, gula, minyak goreng, tepung terigu, serta daging sapi dan kerbau.

Selain itu, ada produk atau komoditas apa saja di gerai RPK?

Budhi menjelaskan, kini Bulog juga mengeluarkan beberapa produk dengan merek "KITA", seperti jagung, kedelai, cabai dan pakan ternak.

Baca juga: Bulog: Stok Beras untuk Serang-Cilegon Aman Saat Ramadan Hingga 6 Bulan Ke Depan

Sejumlah produk atau komoditas pangan merek KITA dijual di bawah harga pasaran di gerai Rumah Pangan Kita (RPK) Bulog Sub Divre Serang, Jalan Raya Cilegon nomor Km 3,5, Drangong, Kecamatan Legok, Kota Serang, Banten, Rabu (14/4/2021).
Sejumlah produk atau komoditas pangan merek KITA dijual di bawah harga pasaran di gerai Rumah Pangan Kita (RPK) Bulog Sub Divre Serang, Jalan Raya Cilegon nomor Km 3,5, Drangong, Kecamatan Legok, Kota Serang, Banten, Rabu (14/4/2021). (TribunBanten.com/Amanda Putri Kirana)

Dalam hal pendistribusian produk KITA ke masyarakat, Bulog bekerjasama dengan jaringan retail swasta seperti perorangan, kedai atau toko, koperasi, ormas, dan perusahaan membangun RPK.

Dengan kata lain, RPK adalah jaringan gerai atau outlet penjualan pangan milik masyarakat yang dibina oleh perum Bulog dan makanan pokok yang dijual dipasok langsung oleh perusahaan tersebut.

Harga yang dijual di RPK adalah sama sesuai yang ditetapkan oleh Perum Bulog. Artinya, harga produk yang dijual tidak akan mengikuti harga pasaran kendati harga pasaran sedang naik.

Sebagai contoh, meski harga pasaran gula pasir sedang naik menjadi Rp 15.000 per kilogram, namun jika Bulog sudah menetapkan Rp 12.500 per kilogram, maka harga tersebut tetap yang diberlakukan.

Baca juga: Awal Ramadan 2021, Harga Kebutuhan Bahan Pokok Mulai Naik, Berikut Daftar Resmi dari Pemerintah

Halaman
123
Penulis: Amanda Putri Kirana
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved