Breaking News:

BI Bersama Polda dan Kejati Banten Teken MoU Pencegahan Tindak Pidana di Bidang Keuangan

pihak kepolisian memiliki peran vital untuk menjamin keamanan aset dan keberlangsungan operasional BI. 

TribunBanten.com/Amanda Putri Kirana
Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten meneken kerjasama dengan Kepolisian Daerah Banten dan Kejaksaan Tinggi Banten terkait sinergitas penanganan dan pencegahan tindak pidana di bidang keuangan, Kamis (15/4/2021). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Amanda Putri Kirana

TRIBUNBANTEN.COM - Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Provinsi Banten meneken kerjasama dengan Polda Banten dan Kejaksaan Tinggi Banten terkait sinergitas penanganan dan pencegahan tindak pidana di bidang keuangan, Kamis (15/4/2021).

Penandatangan Perjanjian Kerjasama dilaksanakan oleh Kepala BI Banten Erwin Soeriadimadja, Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto Adi Nugroho, dan Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Asep Nana Mulyana di gedung BI Banten, Jalan Raya Pandeglang KM. 7 Palima, Kota Serang, Banten.

Kapolda Banten Irjen Pol Rudy Heriyanto menyampaikan, kerjasama ini merupakan perwujudan komitmen BI bersama Polda untuk mendukung kebijakan ekonomi dan pembangunan nasional.

“Pencapaian BI menjadi sentra di masyarakat diikuti oleh meningkatnya berbagai ancaman, baik itu kejahatan konvensional atau modus baru yang lebih canggih,” ungkap Rudy dalam sambutan yang diberikannya. 

Menurutnya, pihak kepolisian memiliki peran vital untuk menjamin keamanan aset dan keberlangsungan operasional BI. 

Kerjasama antara BI Banten dengan Polda Banten merupakan turunan atau tindak lanjut Pedoman Kerja yang telah ditandatangani oleh Gubernur Bank Indonesia dengan Kapolri dalam bentuk Pedoman Kerja Teknis (PKT). 

Baca juga: Bank Indonesia Banten-Pemkot Serang Luncurkan TP2DD, Permudah Layanan bagi Masyarakat dan Pemerintah

Baca juga: Mulai 1 Maret 2021, Bank Indonesia Terapkan DP 0 Persen untuk Mobil dan Sepeda Motor

Kepala Kejaksaan Tinggi Banten Asep Nana Mulyana selanjutnya menjelaskan, bahwa kerjasama Kejati dengan BI terkait dengan pemulihan aset tindak pidana atau aset lainnya.

Seperti pemberian bantuan, pertimbangan, dan tindakan hukum di bidang perdata dan tata usaha negara, penegakan hukum, pendidikan, dan pelatihan.

Kepala BI Banten Erwin Soeriadimadja kemudian menjelaskan, ada beberapa cakupan dalam nota kesepahaman ini, yaitu sepakat untuk saling bertukar data dan informasi serta melakukan pengawalan dan pengamanan terhadap aset-aset dan juga barang berharga milik negara.

“Kami juga sepakat untuk melakukan pengamanan gedung dan meningkatkan kapasitas SDM,” kata Erwin.

Ia berharap melalui penandatangan kesepahaman ini semakin meningkatkan sinergi BI dengan Polda maupun Kejati dan memicu akselerasi serta akseptasi mendorong terwujudnya ekonomi dan keuangan digital.

Penulis: Amanda Putri Kirana
Editor: Yudhi Maulana A
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved