Breaking News:

Hasil Survei: Pelajar Rentan Kecanduan Gawai di Tengah Pandemi Corona

Pihak Program Pelajar Berkreasi Mentari Group mengungkapkan hasil survei penggunaan gawai di kalangan pelajar selama pandemi coronavirus disease 2019

Pixabay.com/ITECHirfan
Ilustrasi Handphone Gim 

TRIBUNBANTEN.COM - Pihak Program Pelajar Berkreasi Mentari Group mengungkapkan hasil survei penggunaan gawai di kalangan pelajar selama pandemi coronavirus disease 2019 (Covid-19).

Direktur Program Pelajar Berkreasi Mentari Group Natalina Rimba, mengatakan para pelajar rentan kecanduan gawai selama pandemi Covid-19.

Lebih dari satu tahun, pelajar Indonesia harus menjalankan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ) akibat pandemi Covid-19.

"Kita sedang berjuang meningkatkan kompetensi pelajar. Pada PISA 2018, posisi pelajar Indonesia masih tertinggal jauh dengan negara lain, yaitu urutan ke-72 dari 79 negara," ujar Natalina dalam diskusi webinar, Sabtu (17/4/2021).

Baca juga: Keluarga Berantakan, Gadis 14 Tahun Sudah Menjanda dan Kini Kecanduan Bercinta dengan Puluhan Pria

Baca juga: VIDEO Efek Kecanduan Bermain Gim Online, Remaja asal Aceh Bergerak Tak Terkontrol

Namun, kata dia, di kondisi pandemi, tantangan justru semakin bertambah.

"Pelajar rentan sekali kecanduan gawai. Bahkan berdasarkan laporan Kemendikbud RI, learning loss sudah benar-benar terjadi," ungkap Natalina.

Sementara itu, founder Kamar Kata-Kata Reda Gaudiamo menyebutkan pentingnya peran orang tua dan sekolah untuk memberikan kompetensi utama dan mengembangkan karakter anak sejak usia dini.

"Lebih mudah membangun anak-anak menjadi kuat daripada memperbaiki para orang dewasa. Maka, lakukanlah sekarang," ucap Reda.

Dirinya memaparkan beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan oleh orangtua dan sekolah dalam meningkatkan kompetensi dan karakter anak.

Mentari Group menghadirkan Pelajar Berkreasi untuk menjawab tantangan pelajar Indonesia masa kini sekaligus menyediakan panggung untuk mereka.

Baca juga: Ayah Meninggal dan Ibu Kawin Lagi, Janda ABG 14 Tahun Ini Kecanduan Berhubungan Intim dengan 25 Pria

Baca juga: SOSOK Pembunuh Wanita Dalam Plastik di Bogor: Tenang dan Nikmati Kematian Korban, Ternyata Pecandu

Program ini merupakan seri perlombaan yang mendukung pelajar di seluruh Indonesia untuk mengasah kemampuan literasi, numerasi, karakter, dan
kreativitas.

Pelajar Berkreasi diadakan pada Maret-Oktober 2021, dan akan menjadi kegiatan tahunan.

Kegiatan dirancang sesuai kebutuhan pelajar saat ini, yaitu menjawab tantangan Asesmen Kompetensi Minimum yang fokus pada Literasi, Numerasi, Karakter.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Mentari Group: Pelajar Rentan Kecanduan Gawai di Tengah Pandemi Covid-19

Editor: Glery Lazuardi
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved