Breaking News:

Polda Banten Belum Lakukan Penyekatan Meski Larangan Mudik Berlaku Mulai 22 April, Ini Alasannya

Kamarul mengatakan pihaknya menafsirkan larangan mudik pada periode 22 April-5 Mei 2021 cenderung bertujuan sosialisasi dan mempersempit ruang gerak

Penulis: Ahmad Tajudin | Editor: Abdul Qodir
Kompas.com/Kristianto Purnomo
Petugas melakukan penyekatan di pos Rindu Alam, Kabupaten Bogor, Senin (1/6/2020). Penyekatan di lokasi yang berbatasan dengan wilayah Cianjur ini untuk mencegah penyebaran virus Covid-19 melalui aktivitas mudik masyarakat. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com Ahmad Tajudin

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA SERANG - Pemerintah melalui Satgas Covid-19 melakukan pengetatan larangan mudik dengan menambah periode pemberlakuan mulai 22 April sampai 24 Mei 2021.

Meski sudah ada sejumlah melakukan mudik awal, Ditlantas Polda Banten belum melakukan penyekatan pemudik di check point.

Kabag Binopsnal Ditlantas Polda Banten Kompol Kamarul Wahyudi mengatakan Satgas Covid-19 mempunyai kewenangan untuk mengeluarkan kebijakan pengetatan larangan mudik.

"Tapi, pelaksanaannya belum ditetapkan dan belum diperbaharui," ujar Kamarul di ruang kerjanya, Polda Banten, Kota Serang, Banten, Jumat (23/4/2021).

Pemerintah pusat melalui Satgas Penanganan Covid-19 telah mengeluarkan Addendum Surat Edaran Nomor 13 tahun 2021 tentang Peniadaan Mudik Hari Raya Idul Fitri Tahun 1442 Hijriyah.

Satgas Penanganan Covid-19 terus melakukan pengetatan mobilitas Pelaku Perjalanan Dalam Negeri (PPDN). Peniadaan mudik itu sendiri dalam addendum Surat Edaran yaitu berlaku mulai 22 April-5 Mei 2021, dan 18 Mei-24 Mei 2021.

Baca juga: Larangan Mudik Jadi Lebih Awal Mulai 22 April, Satgas Covid-19: Tahan Dulu Kerinduannya

Baca juga: Berlaku Larangan Mudik dan Harga Tiket Bus Naik, Penumpang: Asal Bisa Lebaran di Kampung

Kamarul mengatakan pihaknya menafsirkan larangan mudik pada periode 22 April-5 Mei 2021 cenderung bertujuan sosialisasi dan mempersempit ruang gerak pemudik.

Kabag Binopsnal Ditlantas Polda Banten Kompol Kamarul Wahyudi
Kabag Binopsnal Ditlantas Polda Banten Kompol Kamarul Wahyudi (Tribunbanten.com/Ahmad Tajudin)

Ia mengatakan, pihaknya baru akan melakukan penyekatan di sejumlah check point yang disiapkan pada mulai 6 Mei 2021, sebagaimana kebijakan larangan mudik awal.

"Yang pasti penyekatan dilakukan pada tanggal 6 Mei 2021, kami akan turun semua, termasuk penjualan tiket pada tanggal tersebut ditutup," ujarnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved