Breaking News:

Aparatur Desa di Pandeglang Potong BLT UMKM Rp 600 Ribu, Kepala Desa Kaget dan Janji Tindak Pelaku

Sementara itu, Camat Majasari, Doni Hermawan membenarkan adanya penarikan biaya yang dilakukan oleh oknum desa tersebut.

Kolase TribunBali
Ilustrasi pungli 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, PANDEGLANG - Sejumlah penerima BLT UMKM Tahun 2021 di Desa Sukaratu, Kecamatan Majasari, Kabupaten Pandeglang, Banten, mengeluhkan adanya potongan dana BLT tersebut sebesar Rp 300 ribu-Rp 600 ribu oleh aparatur kantor desa setempat dengan alasan mempercepat pencairan dana.

TribunBanten.com berupaya mengkonfirmasi kejadian tersebut dengan mendatangi kantor Desa Sukaratu pada Sabtu (24/4/2021). Namun, kantor desa dalam keadaan tertutup dan tidak ada satu pun aparatur desa yang beraktivitas di sana.

Kepala Desa Sukaratu, Mahpudin saat dihubungi, mengaku tidak mengetahui dan terkejut adanya aparatur desanya yang melakukan pungli maupun potongan terhadap para penerima BLT UMKM di wilayahnya.

Ia menyatakan segera mencari tahu kebenarannya kejadian dana BLT UMKM dipotong ini.

"Saya sudah sering memperingati aparat desa hingga tingakat RT/RW agar tidak melakukan penarikan biaya pada saat masyarakat mengurus sesuatu. Akan tetapi, apabila ada yang memberi secara ikhlas, maka itu tidak masalah," kata Mahpudin.

Mahpudin menyatakan akan memanggil dan mengumpulkan para aparat desanya guna mencari tahu anak buahnya yang diduga melakukan punglir maupun potongan dana BLT UMKM ini.

"Akan segera kami tindaklanjuti, apabila benar adanya tentu akan ada sanksi tegas nantinya," sambungnya.

Ilustrasi Uang-Syarat dan Cara Dapatkan BLT UMKM Rp 2,4 Juta, Bantuan UMKM Diperpanjang hingga Desember 2020.
Ilustrasi Uang-Syarat dan Cara Dapatkan BLT UMKM Rp 2,4 Juta, Bantuan UMKM Diperpanjang hingga Desember 2020. (hai.grid.id)

Ia pun mengimbau masyarakat agar tetap menginformasikan kepada pihaknya jika mengalami atau mengetahui adanya oknum aparatur desa yang melakukan pungli maupun potongan bantuan pemerintah yang bukan haknya.

Baca juga: Geger BLT UMKM di Pandeglang Disunat Rp 300 Ribu-Rp 600 Ribu oleh Pihak Desa, Penerima Bingung

Baca juga: Cek Nama Penerima BLT UMKM Rp 1,2 Juta Beserta Cara Daftar BPUM

Hal itu dilakukan, sebagai bentuk transparansi dan tanggung jawab dirinya yang telah dipercayai oleh masyarakat untuk memimpin daerah tersebut.

Halaman
1234
Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved