Breaking News:

Techno

Spotify Umumkan Layanan Berbayar untuk Konten Podcast, Berikut Penjelasannya

Aplikasi streaming musik Spotify telah mengumumkan sebuah fitur layanan berbayar untuk para podcaster di Amerika Serikat.

Editor: Zuhirna Wulan Dilla
Istimewa
Spotify 

TRIBUNBANTEN.COM - Aplikasi streaming musik Spotify telah mengumumkan sebuah fitur layanan berbayar untuk para podcaster di Amerika Serikat.

Melansir Tribunnews melalui Reuters hari Kamis (29/4/2021) mengabarkan, layanan berbayar ini pada tahap awal akan diberlakukan di AS dan akan diperluas ke negara lain dalam beberapa bulan ke depan.

Melalui layanan ini, para podcaster dapat menandai episode hanya untuk pelanggan atau subscriber online untuk menyiarkannya di Spotify dan platform lain untuk mendengarkan podcast.

Spotify juga menyebutkan, pihaknya tidak akan mengambil komisi dari layanan berbayar untuk para kreator podcaster selama dua tahun ke depan.

Setelah dua tahun dari jadwal perilisan, Spotify akan mengenakan biaya 5 persen untuk setiap komisi pada kreator podcast mulai 2023 mendatang.

Baca juga: Event Hybrid Sneakers Mulai Hari Ini di Mall of Indonesia, Ada 45 Tenant dari Brand Lokal dan Luar

Pada tahap awal, Spotify akan menggandeng 12 podcaster independen untuk mempublikasikan konten bonus hanya untuk pelanggan pada laman mereka.

Baca juga: Keren! Warga Serang Ini Hadirkan Kue Ulang Tahun Berkonsep QR Spotify Sesuai Lagu Favoritmu

Perusahaan asal Swedia ini, memang sedang melakukan pengembangan platform untuk podcast dengan menggelontorkan dana lebih dari setengah miliar dolar Amerika Serikat.

Baca juga: WhatsApp Luncurkan Fitur Pengatur Kecepatan Suara, Berikut Penjelasan dan Cara Mencobanya

Dana tersebut digunakan untuk membeli jaringan podcast milik Gimlet dan Anchor serta perusahaan iklan bernama Megaphone yang bermain di industri podcast.

Baca juga: Jangan Lakukan Ini Jika Tak Ingin Diblokir Permanen Oleh WhatsApp

Selain itu, Spotify juga sudah mulai melakukan uji coba sistem untuk penerbitan konten podcast di platform lain yang sudah memiliki pelanggan sehingga para podcaster dapat menyiarkan konten berbayar menggunakan Spotify.

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Spotify Punya Layanan Berbayar untuk Konten Podcast, https://www.tribunnews.com/techno/2021/04/29/spotify-punya-layanan-berbayar-untuk-konten-podcast

Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved