Breaking News:

Nilai Tukar Petani di Provinsi Banten Turun 1,63 persen pada April 2021

“Biasanya Banten selalu berada di posisi pertama NTP Nasional, namun karena ada penurunan, jadi saat ini kita berada di posisi ke-empat di bawah Jaten

Penulis: Amanda Putri Kirana
Editor: Abdul Qodir
Tangkap layar Youtube
Grafis perkembangan Nilai Tukar Petani (NTP) di Provinsi Banten pada Januari - April 2021 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Amanda Putri Kirana

TRIBUNBANTEN.COM - Nilai Tukar Petani pada April 2021 di provinsi Banten tercatat sebesar 98,07 persen atau turun sebesar 1,63 pesen dibanding NTP bulan sebelumnya (m-to-m).

Untuk subsektornya, tanaman pangan (NTP-P) memberikan andil penurunan paling besar yaitu 3,11 persen.

Menurut kepala Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Banten Adhi Wirlana, hal ini disebabkan oleh panen raya yang masih berlangsung.

Nilai tukar petani sendiri merupakan rasio antara indeks harga yang diterima petani dengan indeks harga yang dibayar petani yang dinyatakan dalam persentase.

“Saat panen raya sejak Maret 2021, nilai jual mengalami penurunan karena harga beras di pasaran juga turun, sedangkan nilai beli petani tetap sama atau mengalami kenaikan, maka akan memberikan dampak penurunan pada indeks NTP,” kata Adhi melalui rilis yang dilakukan online di Youtube, Kamis (01/03/2021). 

Baca juga: Inflasi di Banten Naik Hingga 0,17 Persen pada April 2021, Ini Penyebabnya

Sedangkan sektor lainnya, seperti hortikultura, taman perkebunan rakyat, peternakan, dan perikanan mengalami kenaikan karena kebutuhan jelang Lebaran 2021.

“Biasanya Banten selalu berada di posisi pertama NTP Nasional, namun karena ada penurunan, jadi saat ini kita berada di posisi ke-empat di bawah Jateng, DKI, dan Jatim,” jelas Adhi.

Untuk Nilai Tukar Usaha Petani pada April 2021 sebesar 97,96 persen atau menurun sebesar 1,31 persen dibanding bulan sebelumnya (m-to-m).

Sementara itu, untuk harga rata-rata dan tingkat penggilingan gabah kering panen (GKP) dan giling (GKG) juga mengalami penurunan secara month to month.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved