Breaking News:

Viral 2 Ibu Hamil Ditandu Sarung di Pandeglang Hingga Bayi Kembar Meninggal, Dinas PMPD Heran

Satu bayi meninggal saat masih dalam kandungan, sementara satu bayi lainnya usianya hanya bertahan enam menit.

Dok. Istimewa/Ahmad Muhtadin
Enah (39) harus ditandu ke Puskesmas Sindangresmi, Kabupaten Pandeglang saat hendak melahirkan lantaran akses jalan ke rumahnya tidak bisa dilalui kendaraan roda empat, Sabtu (1/5/2021). 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, PANDEGLANG - Kisah Lina Karlina (25) dan Enah (39) , dua ibu hamil di Pandeglang Banten yang ditandu sarung saat hendak melahirkan gara-gara jalan rusak, viral di media sosial dan menjadi sorotan banyak pihak.

Kedua ibu hamil itu sama-sama tinggal di Kecamatan Sindangresmi, Kabupaten Pandeglang, dan melahirkan dalam rentang waktu tidak lama.

Selain jarak jauh ke fasilitas kesehatan puskesmas, jalan yang dilalui kedua hamil itu terbilang berisiko tinggi lantaran jalan setapak yang licin.

Bahkan, Ibu Enah harus menerima kenyataan pahit. Setelah menderita dalam perjalanan menuju tempat persalinan, bayi kembar yang dilahirkannya dinyatakan meninggal dunia.

Baca juga: Enah Ditandu Pakai Bambu dan Sarung saat Hendak Melahirkan, Sempat Lompat Ketakutan, Sarungnya Sobek

Ibu hamil bernama Enah warga Kampung Lebakgedong, Desa Sindangresmi, Kecamatan Sindangresmi, Kabupaten Pandeglang yang di tanduh melintasi jalan setapak pada Sabtu (1/5/2021) sekitar pukul 13.24 wib.
Ibu hamil bernama Enah warga Kampung Lebakgedong, Desa Sindangresmi, Kecamatan Sindangresmi, Kabupaten Pandeglang yang di tanduh melintasi jalan setapak pada Sabtu (1/5/2021) sekitar pukul 13.24 wib. (Instagram @infobanten)

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintah Desa (DPMPD) Pandeglang, Doni Hermawan mengatakan pihaknya sering menerima laporan jalan rusak dan berisiko bagi warga, termasuk ibu hamil.

Pemantauan ke lokasi dan pembangunan jalan desa juga dilakukan. Namun, kejadian yang menimpa Enah maupun Nina Karlina di luar dugaannya.

Kejadian yang menimpa kedua ibu hamil itu menjadi pembelajaran pihaknya dan dinas terkait.

"Ya kami pasti akan memperhatikan seluruh jalan yang ada di kabupaten pandeglang," ujar Doni saat dihubungi, Senin (3/5/2021).

Baca juga: Viral Ibu di Pandeglang Ditandu Saat Akan Melahirkan, DPRD: Miris, Bupati Dua Periode Masih Begini

Dirinya pun turut prihatin dengan kejadian yang menimpa kedua ibu muda yang hendak melahirkan itu.

Halaman
1234
Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved