Breaking News:

Ramadan 2021

Panduan Lengkap Membayar Zakat Fitrah, Begini Cara Menghitungnya

Simak panduan lengkap cara menghitung zakat fitrah berikut ini baik langsung maupun online melalui aplikasi e-commerce atau badan pengelola zakat.

Editor: Vega Dhini
WARTA KOTA/NUR ICHSAN
ZAKAT FITRAH - Amil zakat Musola Miftahul Jannah, Kp Pondok Cikurus Rt 09/02 Desa Mekarsari, Kecamatan Rajeg, Kabupaten Tangerang, sedang melayani warga yang akan menunaikan zakat fitrah, Selasa (4/5/2021). Zakat fitrah dikeluarkan umat Islam setiap bulan ramadan, di musola nilai zakat yang dibayarkan bila dalam bentuk beras yakni sebanyak 2.5 kilogram/orang dan bila dalam bentuk uang nilainya sebesar Rp 35 ribu/orang. Kemudian zakat yang terkumpul akan dibagikan kepada para mustahik (orang yang berhak menerima zakat). 

TRIBUNBANTEN.COM - Simak panduan lengkap cara menghitung zakat fitrah berikut ini.

Bulan Ramadhan memasuki hari-hari terakhir di tahun ini, maka Umat Muslim mulai berbondong-bondong menunaikan kewajiban untuk membayarkan zakat fitrah.

Membayar zakat fitrah tak boleh sampai terlewat bagi siapapun yang sudah baligh (dewasa) dan mempunyai nafkah.

Berbeda dengan jenis zakat lainnya, zakat fitrah memiliki kekhususan sendiri di bulan ramadhan.

Zakat fitrah adalah zakat yang wajib ditunaikan bagi seorang Muslim, baik laki-laki atau perempuan. Namun, tak sedikit di antara umat Islam yang belum tahu cara menghitung besaran zakat fitrah yang harus disalurkan sesuai dengan jumlah anggota keluarga.

Nah, untuk mengetahuinya simak tata cara menghitung zakat fitrah yang wajib dibayarkan di bulan Ramadan hingga sebelum salat Idul Fitri tiba mengutip laman Baznas.go.id, Jumat (30/4/2021).

Zakat fitrah wajib dikeluarkan setahun sekali. Waktu membayar zakat fitrah dimulai dari awal bulan Ramadan hingga sebelum salat Hari Raya Idul Fitri.

Membayar zakat fitrah pun saat ini sangat beragam metodenya baik langsung maupun online melalui aplikasi e-commerce atau badan pengelola zakat.

Sesuai dengan aturannya, zakat fitrah wajib dibayarkan senilai satu sha' kurma atau satu sha' gandum. Ukuran itu dapat disetarakan dengan senilai makanan pokok di daerah tersebut. Satu sha disamakan dengan 2,5 kg atau 3,5 liter. Satu sha bisa dipahami juga sebagai satu genggam makanan pokok yang berlaku di suatu negeri, seperti di Indonesia yang menjadikan berasa sebagai pangan pokok.

Baca juga: Niat Zakat Fitrah untuk Diri Sendiri, Istri, Anak Perempuan, Anak Laki-laki & Orang yang Diwakilkan

Baca juga: Apa Hukum Jika Lupa Membayar Zakat Fitrah sebelum Sholat Idul Fitri? Begini Penjelasan dari Ustaz

Cara Menghitung Zakat Fitrah

Halaman
12
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved