Breaking News:

Mudik Lebaran 2021

Beda Pendapat Gubernur Banten dan Bupati Pandeglang Terkait Larangan Mudik Bagi Santri

Sebelumnya pemerintah pusat mewacanakan pemberian dispensasi kepada para santri untuk dapat mudik pada saat libur lebaran mendatang.

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan
Editor: Yudhi Maulana A
NU Online
Ilustrasi Santri 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, BANTEN - Jelang penyekatan mudik yang akan dilakukan mulai tanggal 6-17 Mei 202, terjadi silang pendapat antara dua kepala daerah di Banten.

Sebelumnya pemerintah pusat mewacanakan pemberian dispensasi kepada para santri untuk dapat mudik pada saat libur lebaran mendatang.

Hal itu diungkapkan oleh Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin beberapa waktu yang lalu terkait diperbolehkannya mudik bagi para santri.

Gubernur Banten, Wahidin Halim pun merespon dengan baik wacana tersebut dan mengatakan pihaknya akan memfasilitasi pelaksanaan mudik bagi para santri untuk pulang kerumahnya masing-masing.

"Karena saya punya santri, saya sepakat (dispensasi)," ujarnya beberapa waktu lalu di Kota Serang, Rabu (5/5/2021).

Baca juga: Putus Mata Rantai Covid-19, 90 Lansia di Kota Serang Terima Vaksinasi

Namun, pendapat Wahidin Halim bertolak belakang dengan Bupati Pandeglang, Irna Narulita yang mengimbau agar santri menahan diri untuk tidak pulang.

Orang nomor satu di 1001 Kota Santri tersebut mengingatkan masih adanya ancaman penularan Covid-19 apabila tidak diikuti dengan kehati-hatian.

Baca juga: Kereta Merak-Rangkasbitung Tak Beroperasi di Masa Pelarangan Mudik, Begini Respon Bupati Lebak

Ia juga mengatakan apabila santri diizinkan untuk mudik, maka para santri harus di swab tes secara menyeluruh dan membutuhkan biaya yang besar.

"Tetapi kalau mau adil, santri juga harus mau berkorban. Jadi jangan sampai menjadi alat yang membunuh keluarganya sendiri. Oleh karena itu kami himbau jangan mudik," katanya ditemui di Pendopo Bupati Pandeglang, Rabu (5/5/2021). 

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved