Breaking News:

Idul Fitri 2021

Kemenag Kota Serang Ikuti Aturan Pemerintah Pusat Soal Pelaksanaan Salat Id

pelaksanaan Salat Id di masjid dan lapangan hanya untuk daerah yang dinyatakan aman dari Covid-19, yaitu zona hijau dan zona kuning.

Penulis: Ahmad Tajudin | Editor: Yudhi Maulana A
Kompas.com/Garry Lotulung
Ilustrasi salat berjemaah dengan protokol kesehatan - Umat Islam melaksanakan shalat Idul Adha di Jalan Pramuka Raya, Cempaka Putih, Jakarta Timur, Jumat (31/7/2020). Umat Islam menggelar shalat Idul Adha secara berjamaah dengan menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak serta wajib mengenakan masker guna mencegah penyebaran Covid-19. 

Laporan Wartawan TribunBanten.com Ahmad Tajudin

TRIBUNBANTEN.COM, KOTA SERANG - Pelaksanaan salat Id pada hari raya Idul Fitri 1442 H, Kemenag Kota Serang akan mengikuti aturan sesuai dengan edaran dari Kementrian Agama Republik Indonesia.

Kepala Kemenag Kota Serang, Lukmanul Hakim menyampaikan pelaksanaan kegiatan Salat Id sudah diatur dalam Surat Edaran No SE 07 tahun 2021.

Jika daerah yang mengalami tingkat penyebaran Covid-19 tergolong tinggi (zona merah dan zona oranye) agar melakukan Salat Id dengan keluarga di rumah masing-masing.

Sementara pelaksanaan Salat Id di masjid dan lapangan hanya untuk daerah yang dinyatakan aman dari Covid-19, yaitu zona hijau dan zona kuning.

Adapun aturan terkait pelaksanaan salat idul fitri kata dia tergantung dari kebijakan pemerintah daerah.

"Tergantung di lingkungan Kota Serang apakah masuk dalam zona kuning, hijau atau oranye," ujar Kepala Kemenag Kota Serang Lukmanul Hakim saat ditemui di Jalan Ciwaru Raya, Kelurahan Cipare, Kecamatan Serang, Kota Serang, Banten, Selasa (11/5/2021).

Baca juga: Salat Id Berjamaah di Alun-Alun Rangkasbitung Tahun Ini Ditiadakan, Iti Octavia: Salat di Rumah Aja

Sebab yang mengetahui zona tersebut kata dia adalah Pemerintah Daerah.

Sehingga apa bila pemerintah memperbolehkan salat idul fitri di Masjid, berarti kondisi Kota Serang berada dalam zona yang membolehkan salat idul fitri untuk dilaksanakan di masjid.

Pihaknya sudah menyebarkan surat edaran kepada seluruh DKM yang ada di Kota Serang kepada masyarakat terkait pembatasan dalam panduan pelaksanaan ibadah salat idul fitri.

Kemenag Kota Serang tidak melarang ataupun mengkomandoi terkait pelaksanaan ibadah salat idul fitri.

Kemenag Kota Serang mengikuti aturan sesuai dengan kebijakan atau ketentuan yang sudah ditetapkam oleh pemerintah daerah.

Kepala Kemenag Kota Serang, Lukmanul Hakim
Kepala Kemenag Kota Serang, Lukmanul Hakim (TribunBanten.com/Ahmad Tajudin)

Sehingga bagi masyarakat yang akan melaksanakan Salat Id di masjid atau musala, Kemenag Kota Serang mempersilahkan untuk melaksanakan ditempatnya masing-masing.

Yang terpenting, dalam pelaksanaan kegiatan tersebut tidak melanggar protokol kesehatan.

"Masyarakat harus selalu menjaga protokol kesehatan," ujarnya.

Perayaan idul fitri kali ini walaupun masih dalam kondisi pandemi, tapi tentu tidak mengurangi makna.

"Masyarakat masih bisa saling maaf-memaafkan, bersama keluarga dan tetangga," ucapnya.

Sehingga perayaan hari raya ini kata dia bisa dimaknai dengan rasa syukur dan juga mempererat jalinan silaturahmi dengan keluarga. 

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved