Breaking News:

BI Banten Catat Realisasi Penarikan Uang Kartal Ramadan 2021 Capai Rp 2,85 Triliun

Pihak Kantor Perwakilan BI Banten mencatat realisasi penarikan atau peredaran uang kartal di masyarakat selama Ramadan 2021 mencapai Rp 2,8 triliun.

Penulis: Amanda Putri Kirana
Editor: Glery Lazuardi
reepik.com
Ilustrasi uang 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Amanda Putri Kirana

TRIBUNBANTEN.COM - Pihak Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Banten mencatat realisasi penarikan atau peredaran uang kartal di masyarakat selama Ramadan 2021 mencapai Rp 2,8 triliun.

Angka tersebut lebih tinggi dari proyeksi awal sebesar Rp 2,79 triliun, atau menyentuh realisasi 102 persen.

Kepala BI Banten Erwin Soeriadimadja mengatakan, kenaikan disebabkan oleh kebutuhan perbankan dan masyarakat akan uang kartal yang meningkat dalam menghadapi Ramadan dan Idul Fitri.

“Didorong oleh pembayaran THR, penyaluran Bantuan Sosial, serta untuk antisipasi kesediaan uang di ATM selama libur lebaran,” kata Erwin lewat rilis BI Banten yang diterima TribunBanten.com, Rabu (12/5/2021).

Baca juga: Bank Indonesia Buka Lowongan Kerja Terbaru untuk Lulusan S1 Semua Jurusan, Ini Persyaratannya

Baca juga: Digitalisasi Jadi Satu Pendorong Pertumbuhan Ekonomi Banten, Bank Indonesia: Masuk Peradaban Baru

Dan jika dibandingkan dengan Ramadan 2020, kenaikan uang kartal hanya sebesar Rp 1,8 triliun.

Hal ini menandakan geliat pemulihan ekonomi di Banten terindikasi terus meningkat terutama pada Triwulan-II 2021, yang merupakan tahun kedua terjadinya Pandemi Covid-19.

Geliat pemulihan ekonomi juga terlihat dari peningkatan konsumsi masyarakat Banten yang berdampak pada kenaikan inflasi bulan April dibandingkan periode sebelumnya.

Tercatat, terjadi inflasi sebesar 0,17 persen pada April 2021, sedangkan pada Maret 2021 hanya terjadi inflasi sebesar 0,05 persen.

Sementara itu, tingkat inflasi secara tahun ke tahun (Year Over Year) atau April 2021 terhadap April 2020 ialah 1,31 persen.

Halaman
1234
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved