Breaking News:

Tempat Wisata Ditutup

Demo Pemandian Cikoromoy Ditutup, Bupati Pandeglang Salahkan Pedagang Tapi Siapkan Kompensasi

Menurut Irna, penutupan tidak akan terjadi jika pengelola, wisatawan, pedagang dan pihak yang terlibat dalam usaha wisata peduli terhadap protokol kes

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan | Editor: Abdul Qodir
Tangkap layar video
Ratusan pedagang dan warga berdemo memrotes penutupan tempat wisata Pemandian Cikoromoy, Kabupaten Pandeglang, Banten, Minggu (16/5/2021).  

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, PANDEGLANG - Bupati Pandeglang Irna Narulita memaklumi demo penolakan penutupan Pemandian Cikoromoy yang dilakukan ratusan pedagang dan warga.

Menurut Irna, penutupan tidak akan terjadi jika pengelola, wisatawan, pedagang dan pihak yang terlibat dalam usaha wisata peduli terhadap protokol kesehatan pencegahan Covid-19.

Namun, hal itu tidak dilakukan.

Setelah adanya aksi demo pedagang dan masyarakat, lokasi pemandian Cikoromoy di Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, Minggu (16/5/2021), dibuka.
Setelah adanya aksi demo pedagang dan masyarakat, lokasi pemandian Cikoromoy di Kecamatan Cimanuk, Kabupaten Pandeglang, Minggu (16/5/2021), dibuka. (TribunBanten.com/Marteen Ronaldo)

"Satu sisi juga seharusnya pedagang memberikan himbauan kepada wisatawan yang hendak masuk ke tempat wisata tersebut. Kalau mau beli dagangan saya harus pakai masker ya, jadi semua punya andil banyak," ujar Irna saat ditemui di Pendopo Bupati Pandeglang, Senin (17/5/2021).

Baca juga: Bupati Pandeglang Salahkan Pemerintah dan Gubernur Atas Kerumunan di Tempat Wisata

Irna menegaskan, penutupan tempat wisata di Pandeglang dan wilayah lain di Banten oleh pemerintah daerah bertujuan untuk menutus mata dan mengendalikan penyebaran Covid-19 di Pandeglang.

Dengan begitu, penutupan tempat wisata juga dapat menekan pengeluaran anggaran lebih besar untuk penanganan Covid-19 pasca-musim libur Lebaran. 

Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pendopo Bupati Pandeglang, Senin (17/5/2021).
Bupati Pandeglang Irna Narulita di Pendopo Bupati Pandeglang, Senin (17/5/2021). (TribunBanten.com/Marteen Ronaldo Pakpahan)

Ia tidak mempermasalahkan demo yang dilakukan pedagang dan warga di Pemandian Cikoromoy

Irna menjanjikan Pemerintah Kabupaten Pandeglang akan memberikan kompensasi kepada para pedagang yang terdampak penutupan tempat wisata di Pandeglang.

"Dan saya akan turun untuk mendata mana sih pedagang-pedagang yang harus mendapatkan kompensasi dari penutupan tempat wisata," terangnya.

Baca juga: Pedagang dan Masyarakat Sempat Demo di Cikoromoy Protes Penutupan, Ini Kata Dandim 0601 Pandeglang

Irna pun memahami para pedagang berdemo karena kecewa tempat wisata yang menjadi sumber mata pencarian ditutup,

Akan tetapi, seharusnya para pedagang juga bisa menjadi pahlawan untuk membantu menekan kasus Covid-19.

"Yang kasihan kan yang modalnya abis ratusan ribu rupiah dan selang beberapa lama kemudian harus kembali ditutup lantaran membludaknya pengunjung ke tempat wisata dan itu ulah dari mereka sendiri," tukasnya.

Artikel lain terkait tempat wisata ditutup di TribunBanten.com 

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved