Breaking News:

Aksi Galang Dana untuk Palestina di Alun-Alun Kota Serang Sempat Akan Dibubarkan

Polisi ingin membubarkan aksi tersebut lantaran dinilai dapat memicu kerumunan pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

Penulis: desi purnamasari
Editor: Abdul Qodir
TribunBanten.com/Desi Purnamasari
Peserta aksi penggalangan dana untuk Palestina terlibat perdebatan dengan polisi saat hendak dibubarkan di Alun-alun Kota Serang, Jumat (21/5/2021).  

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Desi Purnamasari

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Sejumlah warga menggelar aksi solidaritas dan penggalangan dana untuk Palestina yang tengah berkonflik dengan Israel, di Alun-alun Kota Serang, Banten, Jumat (21/5/2021).

Aksi itu dilakukan Forum Persaudaran Umat Islam Banten dengan membawa bendera Palestina serta mengenakan ikat kepala dan serta syal bertuliskan Palestina.

Namun pantauan TribunBanten.com, tak lama aksi tersebut digelar, sejumlah polisi dari Polres Serang Kota berdatangan dan hendak membubarkan aksi tersebut. Perdebatan pun sempat terjadi di antara kedua pihak.

Polisi ingin membubarkan aksi tersebut lantaran dinilai dapat memicu kerumunan pada masa pandemi Covid-19 saat ini.

Koordinator aksi, Agus Karnadi, mengatakan kegiatan penggalangan dana untuk Palestina ini telah melalui perizinan dan berkordinasi dengan pihak kepolisian.

Baca juga: Peduli Palestina, Komunitas Musik Jadul Kota Serang Gelar Konser Seni Sekaligus Malam Amal

"Sudah, dan pihak kepolisian pun siap ikut serta dalam melancarkan aksi galang dana ini," ujarnya.

Setelah dilakukan pembicaraan, akhirnya kelompok tersebut dapat melanjutkan aksi penggalangan dana tersebut.

Sejumlah warga menggelar aksi solidaritas dan penggalangan dana untuk Palestina di Alun-alun Kota Serang, Banten, Jumat (21/5/2021).
Sejumlah warga menggelar aksi solidaritas dan penggalangan dana untuk Palestina di Alun-alun Kota Serang, Banten, Jumat (21/5/2021). (TribunBanten.com/Desi Purnamasari)

Polisi melalui pengeras suara pun meminta warga yang telah memberikan donasi maupun peserta aksi yang menggelar aksi untuk meninggalkan lokasi guna menghindari kerumunan.

Selanjutnya, aksi penggalangan dana tersebut mendapat penjagaan dari petugas kepolisian. 

Baca juga: Galang Bantuan untuk Warga Palestina, ACT Serang Raya Buat Hashtag #SerangDermawan

Agus mengatakan, semula pihaknya berencana menggelar aksi pengggalangan dana ini di Masjid Agung Ats-Tsauroh Kota Serang dengan diawali salat Jumat berjamaah. Dan selanjutnya melakukan long march ke Alun-alun Kota Serang.

Namun, rencana itu tidak dapat dilaksanakan mengingat Masjid Agung Ats-Tsauroh ditutup sehigga banyak calon peserta aksi yang tidak mengetahui hal itu.

Agus menambahkan, selain secara langsung, pihaknya membuka penggalangan dana untuk Palestina secara langsung dan melalui transfer.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved