Breaking News:

Cara Mencegah Penyebaran Covid-19 Sepulang dari Mudik Lebaran, Perhatikan Hal Penting Ini

Inilah cara mencegah penyebaran virus corona sepulang mudik Lebaran, perhatikan hal-hal penting berikut ini.

Editor: Vega Dhini
TribunBanten.com/Khairul Maarif
Pemudik pejalan kaki memenuhi dermaga reguler Pelabuhan Merak, Selasa (18/5/2021) 

TRIBUNBANTEN.COM - Inilah cara mencegah penyebaran virus corona sepulang mudik Lebaran, perhatikan hal penting berikut ini.

Bagi masyarakat yang baru saja kembali dari mudik Lebaran, ada hal penting yang harus diperhatikan untuk mencegah penyebaran virus corona.

Untuk mencegah penyebaran virus corona penyebab Covid-19, masyarakat yang kembali ke tempat tinggalnya setelah mudik harus melakukan karantina mandiri.

Karantina mandiri tetap harus dilakukan meski kondisi badan dalam keadaan sehat. Bagaimana cara karantina mandiri bagi masyarakat yang kembali dari mudik?

Sebenarnya, pemerintah melarang aktivitas mudik Lebaran yang berlaku pada 6-17 Mei 2021.

Namun, sebelum larangan berlaku, sudah banyak masyarakat yang curi start untuk mudik ke kampung halaman.

Presiden Joko Widodo menyebutkan, ada sekitar 1,5 juta warga yang mudik pada Lebaran tahun 2021. Dikhawatirkan, aktivitas mudik turut menyebarkan virus corona penyebab Covid-19.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof Wiku Adisasmito menyebutkan, karantina mandiri bagi masyarakat yang kembali dari mudik harus dilakukan selama 5 x 24 jam.

"Karantina ini merupakan hal yang penting dan harus dilakukan sehingga dapat mencegah terjadinya penularan COVID-19 kepada orang-orang terdekat," Wiku dalam keterangan pers Perkembangan Penanganan COVID-19 di Graha BNPB, Selasa (18/5/2021) yang juga disiarkan kanal YouTube Sekretariat Presiden.

Agar karantina mandiri bagi masyarakat yang kembali dari mudik ini berjalan efektif, maka Satgas COVID-19 di daerah setempat diminta mengoptimalisasi peran pos komando (posko) COVID-19 di tempat tinggal yang bersangkutan.

Baca juga: Cara Efektif & Mudah untuk Mencegah Virus Corona, Jaga Stamina Tubuh hingga Cuci Tangan dengan Benar

Baca juga: Cara Bepergian Aman di Tengah Pandemi Virus Corona, Simak 12 Tips Berikut Ini

Halaman
123
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved