Breaking News:

News

Umat Muslim Indonesia Miliki Harapan Dapat Berangkat Haji Tahun 2021 Ini, Berikut Penjelasannya

Pemerintah Arab Saudi diketahui akan mengizinkan jemaah dari luar negeri untuk berangkat menunaikan ibadah Haji pada 2021 ini.

Editor: Zuhirna Wulan Dilla
Kementerian Media Saudi/AFP
Sebuah gambar selebaran yang disediakan oleh Kementerian Media Saudi pada 31 Juli 2020 menunjukkan para jamaah yang berkeliling di sekitar Ka'bah, tempat suci paling suci di Masjidil Haram di kota suci Saudi, Mekah. Jemaah haji Muslim berkumpul hari ini di Gunung Arafat Arab Saudi untuk klimaks haji tahun ini, yang terkecil di zaman modern dan kontras dengan kerumunan besar tahun-tahun sebelumnya. 

TRIBUNBANTEN.COM - Pemerintah Arab Saudi diketahui akan mengizinkan jemaah dari luar negeri untuk berangkat menunaikan ibadah Haji pada 2021 ini.

Melansir Tribunnews, hal tersebut artinya umat Muslim dari Indonesia dan negara lain bisa melakukan ibadah haji tahun ini.

Keputusan itu dikeluarkan setelah pada 9 Mei 2021 lalu Kementerian Haji dan Umrah Arab Saudi memberi lampu hijau pelaksanaan ibadah haji dengan protokol kesehatan ketat.Menurut kabar yang dilansir oleh surat kabar lokal Saudi, Al-Watan, nantinya pelaksanaan Haji pada 2021 akan dilakukan di bawah protokol kesehatan ketat serta beberapa aturan pencegahan virus corona.

Pada awal Mei ini Kementerian Haji sudah memulai asesmen terkait pelaksanaan haji. Rencananya pengumuman resmi soal diizinkan jemaah luar negeri dan detail bagaimana pelaksaan haji akan diumumkan dalam waktu dekat.

Pada 2020 lalu, untuk pertama kalinya pelaksanaan haji di Saudi digelar terbatas. Hanya warga Arab Saudi dan ekspatriat di Arab Saudi yang diizinkan menunaikan ibadah haji.

Kebijakan diambil sebagai bagian upaya pencegahan Covid-19. Pada 2020, hanya 1.000 jemaah haji yang diizinkan menunaikan rukun Islam kelima itu. Biasanya tiap tahun Saudi mengizinkan 2,5 juta orang berhaji.

Sementara itu Menteri Luar Negeri (Menlu) Indonesia Retno Marsudi mengatakan, sampai saat ini pihak Arab Saudi masih membahas teknis pelaksanaan ibadah haji.

Baca juga: Arab Saudi Izinkan Ibadah Haji 2021, Hanya untuk 60 Ribu Jemaah dengan Wajib Patuhi Persyaratan Ini

Hal itu dikatakan Retno setelah ia menemui Menteri Luar Negeri Arab Saudi di sela-sela pelaksanaan sidang Majelis Umum PBB di New York. Dalam pertemuan itu, Retno membahas terkait pelaksanaan haji pada 2021.

”Khusus dengan Menlu Arab Saudi saya kembali meminta informasi mengenai pelaksanaan haji tahun ini. Menlu Saudi menyampaikan pembahasan masih terus dilakukan untuk pengaturan haji tahun ini," ujar Retno dalam Zoom Meeting langsung dari New York, Jumat (21/5).

Senada dengan Retno, Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umrah (PHU) Kementerian Agama Khoirizi mengatakan hingga saat ini belum ada kebijakan dari pemerintah Arab Saudi terkait masalah haji.

Baca juga: Ibadah Haji 2021: Ketentuan Baru hingga Jumlah Kuota Jemaah, Simak Selengkapnya di Sini

Halaman
1234
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved