Breaking News:

38 Tempat Wisata di Lebak Kembali Dibuka, Disbudpar Wanti-wanti Sanksi Penutupan Jika Langgar Prokes

Apalagi, Lebak sendiri masih berada di zona kuning penyebaran kasus Covid-19 dan masih melakukan pemulihan perekonomian.

Kompasiana
Pantai Sawarna Lebak 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Lebak membuka kembali 38 tempat wisata di wilayahnya menyusul adanya kebijakan Gubernur Banten yang mengizinkan pembukaan destinasi wisata di Banten.

"Kita akan ikuti perintah dari instruksi gubernur tersebut. Dan mulai saat ini sudah kita buka semuanya," ujar Kepala Bidang Destinasi Disbudpar Kebupaten Lebak, Luli Agustina, saat dihubungi, Selasa (25/5/2021).

Sebelumnya, Gubernur Banten Wahidin Halim mengeluarkan Instruksi Gubernur Banten Nomor 11 Tahun 2021 tentang Revisi Instruksi Gubernur Nomor 556/901-DISPAR/2021 tentang Penutupan Sementara Destinasi Wisata Dampak Libur Hari Raya Idul Fitri Tahun 2021.

Dalam perubahan instruksi gubernur tersebut disebutkan tempat wisata di Banten yang diperbolehkan dibuka, yakni berada di daerah zona kuning dan hijau.

Baca juga: Pemprov Banten Izinkan Tempat Wisata Kembali Dibuka, Pengelola Wajib Perketat Prokes

Baca juga: Dibuka Kembali Paska Penutupan, Tempat Wisata Pantai Anyer Kembali Ramai Dipadati Pengunjung

Luli mengatakan pihaknya juga melakukan sejumlah persiapan atas dibukanya kembali tempat wisata bersamaan masih terjadinya pandemi Covid-19.

Apalagi, Lebak sendiri masih berada di zona kuning penyebaran kasus Covid-19 dan masih melakukan pemulihan perekonomian.

Destinasi wisata Negeri di Atas Awan Lebak Banten ini berada di puncak Gunung Luhur, Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten.
Destinasi wisata Negeri di Atas Awan Lebak Banten ini berada di puncak Gunung Luhur, Desa Citorek Kidul, Kecamatan Cibeber, Kabupaten Lebak, Banten. (Instagram.com/ @toraya_maballoo)

Dalam rangka itu, pihaknya menyiapkan alat tes GeNose C19 di 10 tempat wisata unggulan di Kabupaten Lebak untuk mencegah lonjakan kasus Covid-19 di tempat wisata.

Baca juga: Update Covid-19 di Indonesia Hari Ini 25 Mei 2021 : Alami Penambahan 5.060, Total 1.786.187 Kasus

Baca juga: Pemerintah Imbau Masyarakat Waspadai Lonjakan Kasus Covid dalam Beberapa Pekan ke Depan

Selain itu, Disbudpar Kabupaten Lebak juga mengingatkan adanya sanksi denda Rp 5 juta hingga penutupan tempat wisata jika terjadi pelanggaran protokol kesehatan pencegahan Covid-19, termasuk kerumunan pengunjung.

"Ini harus diperhatikan oleh semuanya. Jangan sampai ada yang tidak mentaati prokes (protokol kesehatan). Apabila tidak mentaati, maka akan ada sanksi berupa langsung ditutup dan denda sebesar Rp 5 juta," tegasnya.

Artikel lain terkait tempat wisata di Banten di TribunBanten.com

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved