Breaking News:

Saat Anak Milenial Kota Serang Gagap Hingga Tak Hafal Pancasila

Fahri mengaku, pada dasarnya ia mengetahui lima sila Pancasila sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Namun, terkadang ia lupa

TribunBanten.com/Amanda Putri Kirana
Fahri Ardiansyah (16), salah satu siswa SMA di Kota Serang, saat dimintakan menyebutkan lima butir Pancasila, di di Mall of Serang, Selasa (1/6/2021). 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Amanda Putri Kirana

TRIBUNBANTEN.COM, Serang - Selasa, 1 Juni 2021 diperingati sebagai Hari Lahir Pancasila

Hari Lahir Pancasila perlu dimaknai secara khusus oleh masyarakat Indonesia. Sebab, momen ini merupakan peringatan bahwa para pahlawan berhasil menggali nilai-nilai luhur yang menjadi pedoman bangsa Indonesia hingga kini.

Dengan lahirnya lima sila tersebut, Pancasila dapat menyatukan masyarakat dengan segala perbedaan yang ada.

Selain itu, Hari Lahir Pancasila juga merupakan momen untuk mengenang, menghormati, sekaligus menghargai perjuangan pendiri bangsa dalam merumuskan Pancasila.

Dengan demikian, Pancasila bukan hanya untuk dibaca ataupun didengar, melainkan untuk diterapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, tidak semua warga Indonesia tahu atau ingat lima butir Pancasila sehingga sulit untuk mengamalkan nilai-nilai Pancasila dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih, masuknya globalisasi.

Baca juga: Berikan Pidato Peringatan Hari Pancasila, Presiden Jokowi Singgung Bahaya Radikal di Indonesia

Lalu, seberapa tahu anak muda milenial Kota Serang terhadap lima butir Pancasila?

Fahri Ardiansyah (16), salah satu siswa SMA di Kota Serang tampak terbata-bata saat diminta membacakan sila kedua Pancasila.

“Hmmm.., sila kedua itu, apa yah?” gumamnya saat diminta menyebtukan lima butir Pancasila oleh TribunBanten.com di Mall of Serang, Selasa (1/6/2021).

Fahri mengaku, pada dasarnya ia mengetahui lima sila Pancasila sejak duduk di bangku Sekolah Dasar (SD). Namun, terkadang ia lupa sehingga tidak bisa melafalkan sila-sila Pancasila dengan benar.

Baca juga: Hari Lahir Pancasila, Nilai dalam Sila-Sila Pancasila Sejalan dengan Ajaran Agama Islam

Halaman
123
Penulis: Ahmad Tajudin
Editor: Abdul Qodir
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved