Breaking News:

Kemenag Kabupaten Serang Tunggu Informasi Resmi dari Arab Saudi Soal Pemberangkatan Jemaah Haji 2021

Pihak Penyelenggara Haji dan Umroh Kabupaten Serang menunggu informasi pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke tanah suci Makkah, Arab Saudi.

Penulis: mildaniati | Editor: Glery Lazuardi
Kementerian Media Saudi/AFP
Sebuah gambar selebaran yang disediakan oleh Kementerian Media Saudi pada 31 Juli 2020 menunjukkan para jamaah yang berkeliling di sekitar Ka'bah, tempat suci paling suci di Masjidil Haram di kota suci Saudi, Mekah. Jemaah haji Muslim berkumpul hari ini di Gunung Arafat Arab Saudi untuk klimaks haji tahun ini, yang terkecil di zaman modern dan kontras dengan kerumunan besar tahun-tahun sebelumnya. 

TRIBUNBANTEN, SERANG - Pihak Penyelenggara Haji dan Umroh Kabupaten Serang menunggu informasi pemberangkatan jemaah haji Indonesia ke tanah suci Makkah, Arab Saudi.

Kepala seksi Penyelenggara Haji dan Umroh Kemenag Kabupaten Serang, H. Samhudi mengatakan pihaknya masih menunggu kebijakan dari Menteri Agama mengenai pemberangkatan jemaah haji.

"Belum ada kepastian dari menteri agama nanti kalau sudah ada kepastian menteri agama mengeluarkan PMA (Peraturan Menteri Agama,-red),"ungkapnya pada TribunBanten.com, Rabu (2/5/2021). 

Pemerintah Arab Saudi belum memastikan mengenai jemaah haji yang diperbolehkan melaksanakan ibadah ke Tanah Suci Makkah.

Pernyataan itu disampaikan Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas dalam rapat kerja dengan Komisi VIII di kompleks gedung MPR/DPR, Senayan, Jakarta, Senin (31/5/201).

"Pemerintah Kerajaan Arab Saudi hingga saat ini belum juga memberikan kepastian, sekali lagi belum memberikan kepastian, apakah penyelenggaraan Haji 1442 H atau 2021 Masehi akan dilaksanakan seperti halnya tahun 2020 yang lalu," kata Menag Yaqut dikutip dari tayangan video di kanal YouTube Kompas TV, Selasa (1/6/2021).

Lebih lanjut Menag Yaqut mengatakan jika hingga saat ini tidak ada satupun negara yang sekarang sudah mendapatkan kuota haji.

Karena perihal kuota haji, hanya Pemerintah Arab Saudi saja yang bisa menentukan.

Hingga saat ini pun Pemerintah Arab Saudi masih belum memberikan pengumuman resmi terkait kuota haji ini.

"Tidak ada satupun negara di dunia ini yang memiliki misi haji yang sekarang sudah dapat kuota haji. Karena kuota haji tergantung pada pemerintah Saudi dan pemerintah Saudi belum mengumumkan itu," tegasnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved