Breaking News:

Bencana Setelah Jenguk Pasutri Sakit, 20 Warga di Bandung Terpapar Covid-19

Beberapa hari kemudian, kata dia, mereka dikabari bahwa saudaranya itu positif Covid-19, lalu mereka datang ke puskesmas untuk melakukan swab

Editor: Yudhi Maulana A
SHUTTERSTOCK/FunKey Factory
Ilustrasi pasien virus corona, pasien Covid-19 

TRIBUNBANTEN.COM - Sebanyak 26 warga Kampung Ciburial, RW 03, Desa Cibogo, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB) terkonfirmasi positif Covid-19 dari hasil swab test antigen yang difasilitasi Puskesmas Cikole.

Kepala Puskesmas Cikole Iyan Hartono mengatakan, 26 warga tersebut terpapar Covid-19 berawal saat sepasang suami istri di wilayah itu menengok kerabatnya yang sedang sakit dan tengah menunggu hasil swab testnya keluar.

"Setelah menjenguk itu pasutri ini pulang. Suaminya ini rutin berjamaah di masjid dan istrinya juga sering ikut pengajian," ujarnya saat dihubungi wartawan, Jumat (4/6/2021).

Beberapa hari kemudian, kata dia, mereka dikabari bahwa saudaranya itu positif Covid-19, lalu mereka datang ke puskesmas untuk melakukan swab test antigen dan hasilnya positif.

Baca juga: Puluhan Pejabat Diberhentikan, Berikut 20 Jabatan Dinkes Banten yang Dilelang

Setelah itu, pihak puskesmas kemudian melakukan tracing dan didapati keseluruhan warga yang positif setelah kontak dengan suami istri tersebut sebanyak 26 orang.

"Kami sudah melakukan swab test antigen terhadap warga dan diketahui ada 26 warga yang positif Covid-19," kata Iyan.

Ia mengatakan, kondisi warganya yang positif Covid-19 kebanyakan bergejala ringan, tetapi saat ini mereka sudah menjalani isolasi mandiri dan pihaknya juga memberikan obat dan melakukan pemantauan.

Saat ini pihak puskesmas sedang melakukan tracing terhadap kontak erat dari 26 warga yang positif. Dari hasil tracing itu, kata Iyan, total ada sebanyak 39 warga yang sudah menjalani swab test namun hasilnya belum diketahui.

"Kami minta warga lainnya yang merasa kontak erat dengan pasien positif agar segera melapor ke puskesmas atau swab test mandiri," ucapnya.

Artikel ini telah tayang di TribunJabar.id dengan judul 26 Warga di Ciburial KBB Positif Covid-19, Berawal dari Sepasang Pasutri Menengok Orang Sakit

Penulis: Hilman Kamaludin

Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

Tribun JualBeli
© 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved