Breaking News:

Demi Menghindari Praktik Calo, Disnakertrans Minta Pencaker Bersabar dalam Pendaftaran AK1 Online

Ugun menjelaskan tentang adanya perubahan jam pendaftaran proses pembuatan AK-1 secara online menjadi pukul 12.00-19.00 WIB.

Penulis: desi purnamasari | Editor: Abdul Qodir
TribunBanten.com/Desi Purnamasari
Suasana antrean para pencari mengantre saat mengurus pembuatan Kantor kartu tanda pencari kerja atau AK1 atau Kartu Kuning di kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Serang di Jalan KH Abdul Fatah Hasan Ciceri. Kota Serang, Jumat (4/6/2021). 

TRIBUNBANTEN.COM, SERANG - Kantor Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Serang di Jalan KH Abdul Fatah Hasan Ciceri. Kota Serang, dipadati para pembuat kartu tanda pencari kerja atau AK1 atau Kartu Kuning sejak Jumat (4/6/201) pagi.

Sejumlah kursi panjang tak mampu menampung para pencari kerja yang ingin membuat Kartu Kuning di kantor dinas tersebut hingga sebagian besar harus berdiri.

Kepala Bidang (Kabid) Pembinaan Tenaga Kerja (Binapenta) Disnakertrans Kabupaten Serang, Ugun Gurmilang mengatakan link pendaftaran AK-1 telah diganti pada Mei 2021 sebagaimana kebijakan Kementerian Ketenagakerjaan RI.

"Tetap online hanya linknya saja yang beda, jadi ini langsung terhubung kepada kementrian pusat datanya, yang nantinya dapat terlihat jumlah pengangguran di Kabupaten Serang sendiri ada berapa," ujar Ugun kepada TribunBanten.com, Jumat (4/6/2021).

Ugun menjelaskan tentang adanya perubahan jam pendaftaran proses pembuatan AK-1 secara online menjadi pukul 12.00-19.00 WIB. Selain itu, hanya disediakan 150 nomor antrean dalam setiap harinya.

Baca juga: Ini Cara Daftar Pembuatan Kartu Kuning Atau AK1 di Disnakertrans Kabupaten Serang Secara Online

"Ada perubahan dari sebelumnya, karena memang ada penambahan kuota juga, sekarang ini juga lebih cepat penuh perharinya karena memang tetap dibatasi hanya 150 orang per hari," katanya saat ditemui diruang kerjanya.

Ia menuturkan para pencari kerja (pencaker) harus secara cepat mengisi berkas pendaftaran pembuatan AK-1 secara onilne agar mendapat nomor antrean pada hari itu juga.

Dicontohkannya, pencaker yang mendaftar pembuatan AK-1 secara onlien pada pukul 21.00 WIB dapat langsung mendapatkan nomor antrean pembuatan pada hari itu juga.

Dan selanjutnya, pencaker itu dapat langsung mendatangi kantor Disnakertrans pada esok harinya.

Baca juga: Cerita Lulusan SMA asal Kabupaten Serang Sulit Cari Kerja di Masa Pandemi

"Maka jika pada saat mendaftar tidak kebagian nomor antrean online, dapat melanjutkan pendaftaran pada esok harinya. Sabar pasti bisa," ujarnya.

Halaman
123
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved