Breaking News:

Manfaatkan Sampah, Komumitas Rehabilitasi Kota Serang Buat Pot Karakter dari Botol Plastik

Komunitas Rehabilitasi Kota Serang gelar workshop pembuatan pot karakter berbahan dasar botol plastik.

TribunBanten.com/Mildaniati
16 relawan Komite Persiapan Rehabilitasi Kota Serang menggelar workshop pembuatan pot karakter dari botol plastik di alun-alun Barat Kota Serang, Minggu (6/6/2021 

Laporan wartawan TribunBanten.com Mildaniati

TRIBUNBANTEN, KOTA SERANG - Komunitas Rehabilitasi Kota Serang gelar workshop pembuatan pot karakter berbahan dasar botol plastik.

Kegiatan yang diikuti oleh 16 relawan ini digelar di alun-alun Barat Kota Serang, Minggu (6/6/2021).

Tutor Workshop, Chandra mengatakan Kegiatan tersebut diselenggarakan sebagai upaya up cycle atau menyulap barang-barang bekas yang biasanya berakhir di penampungan sampah supaya memiliki nilai guna lebih.

"Ketimbang dibuang, botol plastik ini kita coba manfaatin buat media tanaman," ujar Chandra pada TribunBanten.com saat menyampaikan penjelasannya.

Baca juga: Lewat Bank Sampah, Warga Lebak Manfaatkan Limbah Plastik Jadi Produk Bernilai Jual

Menurutnya pembuatan pot karakter cukup mudah dilakukan. Alat dan bahan yang digunakan berasal dari barang yang biasa digunakan sehari-hari yaitu botol plastik, gunting, cat, kuas lukis dan tali rami.

"Botol plastik dipotong menjadi dua bagian, lalu dibentuk sesuai dengan karakter yang diinginkan. Buat menambah nilai artistik, dilukis sesuai dengan selera masing-masing,"ujarnya.

Divisi Pengembangan dan Edukasi Rehabilitasi Serang, Sanik Radu Fatih, mengatakan workshop diselenggarakan sebagai rangkaian peringatan Hari Lingkungan Hidup Internasional.

16 relawan Komite Persiapan Rehabilitasi Kota Serang menggelar workshop pembuatan pot karakter dari botol plastik di alun-alun Barat Kota Serang, Minggu (6/6/2021)
16 relawan Komite Persiapan Rehabilitasi Kota Serang menggelar workshop pembuatan pot karakter dari botol plastik di alun-alun Barat Kota Serang, Minggu (6/6/2021) (TribunBanten.com/Mildaniati)

Dia berharap kegiatan ini bisa menjadi stimulus relawan dalam berkreasi memanfaatkan sampah non organik khususnya plastik.

"Semoga voluntir bisa konsisten mempraktekan budaya up cycle ini dalam kehidupan sehari-hari," tuturnya.

Kegiatan ini ditutup dengan gerakan pungut sampah di sekitar alun-alun Kota Serang.

Penulis: mildaniati
Editor: Yudhi Maulana A
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved