Breaking News:

CATAT! Kominfo Matikan TV Analog di Banten Mulai 17 Agustus 2021, Ganti ke TV Digital

Catat mulai tanggal 17 Agustus 2021, layanan siaran tv analog di Provinsi Banten akan diimigrasikan ke siaran tv digital.

Editor: Glery Lazuardi
TRIBUN JABAR/TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN
Ilustrasi Siaran TV 

TRIBUNBANTEN.COM - Catat mulai tanggal 17 Agustus 2021, layanan siaran tv analog di Provinsi Banten akan diimigrasikan ke siaran tv digital.

Nantinya, siaran tv analog akan ditutup secara permanen atau analog switch off (ASO).

Tahapan itu dilakukan sesuai Peraturan Menteri Kominfo No 6 Tahun 2021 tentang Penyelenggaraan Penyiaran.

Berdasarkan aturan itu, ASO dilakukan secara bertahap menurut kesiapan daerah.

Tahapan itu dimulai tanggal 17 Agustus 2021 di 5 Provinsi yakni Aceh, Kepulauan Riau, Banten, Kalimantan Timur, dan Kalimantan Utara.

Tahapan migrasi akan memperhatikan beberapa faktor seperti keterbatasan spektrum frekuensi radio, praktik umum di dunia, masukan lembaga penyiaran, dan pertimbangan kesiapan industri.

Juru Bicara Kemkominfo Dedy Primadi mengatakan, faktor keterbatasan spektrum frekuensi menjadi faktor penting yang mendasari penyelenggaraan siaran TV digital dilakukan secara bertahap.

"Saat ini, dilakukan penataan frekuensi antara siaran analog yang masih berjalan dengan siaran digital yang perlahan diperkenalkan. Tujuannya agar masyarakat mulai beralih dan membiasakan diri dengan siaran digital," kata Dedy dalam keterangannya.

Hingga saat ini, sudah ada 701 Lembaga Penyiaran di Indonesia, sehingga di banyak daerah kepadatan siaran televisi analog menambah kompleksitas menuju proses digitalisasi penyiaran.

Hal itulah, yang menyebabkan ASO dilakukan secara bertahap berdasarkan wilayah hingga batas waktu seluruhnya tidak melewati 2 November 2022 pukul 24.00 WIB.

Halaman
12
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved