Breaking News:

Dukung Ketahanan Pangan, Distan Banten Salurkan Pupuk Subsidi ke Delapan Kabupaten dan Kota

Dinas Pertanian Provinsi Banten menyalurkan bantuan pupuk subsidi ke delapan kabupaten dan kota yang ada di Banten, Kamis (10/6/2021).

dokumentasi Bio Protektan
ILUSTRASI - Petani menggunakan pupuk cair Bio Protektan buatan warga Desa Panosogan, Kecamatan Cikeusal, Kabupaten Serang. 

Laporan wartawan Tribunbanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, BANTEN - Dinas Pertanian Provinsi Banten menyalurkan bantuan pupuk subsidi ke delapan kabupaten dan kota yang ada di Banten, Kamis (10/6/2021).

Pemberian pupuk tersebut diberikan kepada para petani sesuai dengan kebutuhan para petani dan lahan garapan.

Untuk pupuk urea, total yang disalurkan ke kabupaten dan kota berjumlah 76.557 kg, kemudian SP-36 sebanyak 5.471 kg, ZA 906 kg, NPK 28.755 kg, organik 8.611kg dan pupuk organik cair 21.528 kg.

"Alokasi pupuk subsidi tingkat provinsi mempertimbangkan luas baku lahan sawah yang dilindungi dan penetapan LP2B (Lahan Pertanian Pangan Berkelanjutan), usulan pupuk dari kabupaten dan kota, penyerapan pupuk bersubsidi tahun sebelumnya," ujar Kepala Dinas Pertanian Provinsi Banten, Agus M Tauhid saat dihubungi.

Baca juga: Pasar Tani, Cara Pemkab Serang Kenalkan Produk Lokal ke Masyarakat

Ia menerangkan pengalokasian subsidi pupuk tersebut berdasarkan keputusan Dinas Pertanian Banten nomor 903/01/KPTS-Distan/01/2021 tentang alokasi kebutuhan dan harga eceran tertinggi (HET) pupuk bersubsidi untuk sektor pertanian yang ditetapkan 04 Januari 2021.

"Pupuk diberikan kepada kelompok tani yang sudah disusun berdasarkan rencana definitif kebutuhan kelompok tani pupuk bersubsidi," jelasnya.

HET pupuk bersubsidi juga sudah ditentukan, yakni urea sebesar Rp 2.250/kg, SP-36 sebesar Rp 2.400/kg, ZA seharga Rp 1.700/kg, NPK seharga Rp 2.300/kg, NPK formula khusus senilai Rp 3.300/kg, organik granul senilai Rp 800/kg, dan pupuk organik cair seharga Rp 20 ribu/liter.

Baca juga: Natta Reza Anggap Sang Ayah Pahlawannya, Seorang Buruh Tani dan Pernah Tinggal di Rumah Tak Layak

"Pupuk bersubsidi diperuntukkan bagi petani yang bergabung dalam kelompok tani, terdaftar dalam sistem e-RDKK. Kartu tani dikeluarkan oleh perbankan kepada petani, untuk digunakan dalam transaksi penebusan pupuk bersubsidi," tegasnya.

Adapun data alokasi pupuk subsidi delapan kabupaten dan kota di Banten ialah :

Halaman
12
Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan
Editor: Yudhi Maulana A
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved