Breaking News:

Wacana Sembako Dikenakan Tarif PPN, Dinkopukmperindag Kota Serang Prediksi Timbul Pro dan Kontra

Pemerintah akan mengenakan pajak untuk barang atau jasa yang dikecualikan dalam pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Penulis: Ahmad Tajudin
Editor: Glery Lazuardi
TRIBUNBANTEN/AHMADTAJUDIN
Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan Industrian dan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Dinkopukmperindag) Kota Serang Um Rochmat Hidayat, 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Ahmad Tajudin

TRIBUNBANTEN.COM - Pemerintah akan mengenakan pajak untuk barang atau jasa yang dikecualikan dalam pembebasan Pajak Pertambahan Nilai (PPN).

Sembako merupakan salah satu di antara barang atau jasa yang dikecualikan dalam pembebasan PPN.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Dinas Perdagangan Industrian dan Koperasi Usaha Kecil Menengah (Dinkopukmperindag) Kota Serang Um Rochmat Hidayat, menilai rencana pemerintah itu akan menimbulkan pro dan kontra di masyarakat.

"Kalau masyarakat pasti akan ada pro dan kontra, apalagi sekarang harga sembako relatif naik turun," ujarnya, saat ditemui di Gedung Wali Kota Serang, pada Jumat (11/6/2021).

Baca juga: Sembako Bakal Dikenai PPN? Kata Pedagang di Pasar Rau Kota Serang hingga Kecaman Keras dari KSPI

Baca juga: Tak Hanya Sembako dan Sekolah, Ini Daftar Barang dan Jasa yang Bakal kena Pajak

Selain itu kata dia, kemungkinan besar para pedagang akan menolak kebijakan itu, hal ini karena saat harga sembako relatif naik turun atau tidak stabil.

Kebijakan itu tercantum di Draf Revisi Kelima Undang-Undang Nomor 6 Tahun 1983 tentang Ketentuan Umum dan Tata Cara Perpajakan (RUU KUP).

Beleid tak lagi menyebutkan sembako termasuk dalam objek yang PPN-nya dikecualikan.

Adapun sembako yang bakal dikenakan PPN adalah beras dan gabah, jagung, sagu, kedelai, garam konsumsi, daging, telur, susu, buah-buahan, sayur-sayuran, ubi-ubian, bumbu-bumbuan, dan gula konsumsi.

Semula, barang-barang itu dikecualikan dalam PPN yang diatur dalam aturan turunan, yakni Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 116/PMK.010/2017.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved