Breaking News:

News

Ibadah Haji 2021 Resmi Batal, Masyarakat Diimbau Jangan Tergesa-gesa Menarik Dana, Ini Alasannya

Pelaksanaan keberangkatan ibadah haji 2021 telah diumumkan bahwa secara resmi dibatalkan.

Editor: Zuhirna Wulan Dilla
Kementerian Media Saudi/AFP
Sebuah gambar selebaran yang disediakan oleh Kementerian Media Saudi pada 31 Juli 2020 menunjukkan para jamaah yang berkeliling di sekitar Ka'bah, tempat suci paling suci di Masjidil Haram di kota suci Saudi, Mekah. Jemaah haji Muslim berkumpul hari ini di Gunung Arafat Arab Saudi untuk klimaks haji tahun ini, yang terkecil di zaman modern dan kontras dengan kerumunan besar tahun-tahun sebelumnya. 

TRIBUNBANTEN.COM - Pelaksanaan keberangkatan ibadah haji 2021 telah diumumkan bahwa secara resmi dibatalkan.

Melansir Warta Kota, namun, Asosiasi Bank Syariah Indonesia (Asbisindo) mengimbau kepada masyarakat khususnya para calon jamaah haji, untuk tetap tenang dan tidak tergesa untuk menarik dana haji.

Pihak Asbisindo memastikan bahwa dana haji mereka ditempatkan secara aman.

Hal tersebut dikatakan Ketua Umum Asbisindo, Hery Gunardi menyusul adanya keputusan pembatalan penyelenggaraan ibadah haji di tahun 2021.

Baca juga: Arab Saudi Umumkan Pelaksanaan Ibadah Haji 2021, Ini Kata Menteri Agama

Hery melanjutkan, ketenangan para calon jemaah merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam menyikapi berbagai perkembangan pasca keputusan pembatalan pemberangkatan jemaah haji 2021.

Hery meminta masyarakat untuk berpikir positif dan mendukung kebijakan Pemerintah terkait dengan persoalan pemberangkatan haji pada tahun ini.

“Seperti yang dituangkan dalam Keputusan Menteri Agama Nomor 660 Tahun 2021, pertimbangan Pemerintah membatalkan penyelenggaraan haji lebih terkait keamanan, kesehatan dan keselamatan calon jemaah haji," ujar Hery dalam keterangannya, Senin (14/6/2021).

"Keputusan Pemerintah tersebut tidak ada hubungannya dengan persoalan finansial sebagaimana isu yang santer beredar belakangan ini. Kami juga berharap masyarakat tidak tergesa-gesa menarik dana hajinya,” sambungnya.

Baca juga: Arab Saudi Umumkan Ibadah Haji 2021 Hanya untuk 60 Ribu Warga Domestik dan Ekspatriat

Dia menegaskan bahwa hingga saat ini dana milik para jemaah haji yang ditempatkan di Badan Pengelola Keuangan Haji (BPKH) atau bank syariah yang ditunjuk oleh BPKH, tetap aman dan dikelola secara prudent dan profesional.

Untuk itu, Hery juga berharap calon jamaah haji dapat tetap menempatkan dananya karena ada nilai manfaat yang dirasakan oleh jamaah tunggu dalam bentuk virtual account.

“Jumlah tabungan haji yang ada di BSI terus meningkat setiap tahunnya. Sebagai institusi keuangan dan perbankan, tentunya kami mengelola secara prudent dan penuh kehati-hatian,” pungkas Hery.

Baca juga: Kementerian Agama Mengklaim Penundaan Pelaksanaan Ibadah Haji Sesuai Amanat UUD 1945

Sebagai informasi, secara keseluruhan penempatan dana haji di seluruh perbankan syariah pada 2020 mencapai Rp43 triliun.

Baca juga: Ibadah Haji 2021 Resmi Batal, Berikut Prosedur Permohonan Pengembalian Setoran Pelunasan Biayanya

Selain pada perbankan syariah, BPKH juga menempatkan dana milik para jamaah haji secara aman pada instrumen keuangan syariah yang baik karena didukung dengan underlying yang sehat.

Artikel ini telah tayang di WartaKotalive.com dengan judul Masyarakat Diminta tidak Tergesa Menarik Dana Haji Saat Keberangkatan Haji 2021 Dibatalkan, https://wartakota.tribunnews.com/2021/06/14/masyarakat-diminta-tidak-tergesa-menarik-dana-haji-saat-keberangkatan-haji-2021-dibatalkan

Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved