Breaking News:

Sebanyak 9.583 Anak di Lebak Berstatus Kurang Gizi

Triyatno menjelaskan angka stunting di Lebak pada tahun 2018 mencapai 40 persen dan itu merupakan lonjakan tetinggi.

Tribunnews.com/Jeprima
Ilustrasi pencegahan stunting - Petugas medis memeriksa suhu tubuh balita yang akan mengikuti imunisasi di Puskesmas Kecamatan Jatinegara, Jakarta Timur, Kamis (26/11/2020). Imunisasi rutin lengkap merupakan program vaksin dasar yang diberikan kepada bayi kurang dari 24 jam hingga anak berusia 3 tahun dengan tujuan mempertahankan tingkat kekebalan optimal sekaligus mencegah terjadinya stunting pada anak. 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Sebanyak 9.583 anak atau sekitar 10 persen dari jumlah anak di Kabupaten Lebak, Banten masih mengalami kekurangan gizi atau stunting

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Lebak, Triatno Supiono menyatakan angka stunting di wilayahnya itu terbilang turun dibandingkan tahun 2020.

"Iya Alhamdulliah ini berkat kerja keras kita. Sekarang itu sisa 9.583 lagi, itu pencapaian yang sangat bagus, harus diapresiasi," ujar Triatno saat dihubungi, Rabu (16/5/2021).

Baca juga: Angka Stunting di Banten Turun Jadi 23 Persen, Menko PMK: di Bawah Rata-rata Nasional

Kini, Kabupaten Lebak telah turun dari posisi kedua angka stunting tertinggi di Banten.

Triyatno menjelaskan angka stunting di Lebak pada tahun 2018 mencapai 40 persen dan itu merupakan lonjakan tetinggi.

"Angka yang sangat tinggi, kita juga sempat ragu. Tetapi dengan kerja keras kita mampu melakukan upaya semaksimal mungkin," tegasnya.

Pihaknya pun kini terus berupaya semaksimal mungkin untuk terus menurunkan angka stunting tersebut. Di antaranya dengan memberikan serapan nutrisi yang sehat kepada calon ibu yang tengah mengandung.

Baca juga: Menko PMK Imbau Orang Tua Alihkan Uang Jatah Rokok untuk Perbaikan Gizi Anak

Selain itu, sebagai wujud mendukung program pemerintah pusat, pihaknya juga akan bekerja sama dengan pihak terkait di Pusat untuk menurunkan angka stunting di Lebak.

"Namun, upaya itu tidak bisa kita lakukan sendiri, namun perlu dorongan dari seluruh stakeholder. Karena, stunting ini sendiri merupakan permasalah kompleks yang membutuhkan penanganan dari seluruh pihak," tutupnya.

Sumber: Tribun Banten
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved