Breaking News:

Virus Corona di Banten

Kegundahan Eko, Nakes yang Terpaksa Memilih Pasien karena Lonjakan Kasus Covid-19 di Pandeglang

Eko Prasetyo, tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang, menceritakan pengalaman menangani pasien Covid-19.

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan | Editor: Glery Lazuardi
TribunBanten.com/Marteen Ronaldo Pakpahan
Jumlah pasien di ruang isolasi Covid-19 di RSUD Berkah Pandeglang telah mencapai 80 persen 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, PANDEGLANG - Eko Prasetyo, tenaga medis di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Berkah Pandeglang, menceritakan pengalaman menangani pasien Covid-19.

Selama kurun waktu beberapa hari terakhir ini telah terjadi peningkatan jumlah pasien terinfeksi virus corona.

Jika melihat data di RSUD Berkah Pandeglang, tingkat keterisian tempat tidur atau bed occupancy rate (BOR) telah terisi hampir 14 BOR.

Itu menandakan sudah penuh para pasien Covid-19 baik mereka yang berasal dari Pandeglang atau pasien kiriman dari daerah lainnya.

Baca juga: Kasus Covid-19 Melonjak, Mal, Kafe dan Restoran Hanya Beroperasi Sampai Jam 8 Malam Mulai Besok

Baca juga: Jumlah Pasien Naik, Ruang Rawat Covid-19 di RSUD dr Dradjat Prawiranegara Hampir Penuh

Menurut Eko Prasetyo, sebelum terjadi lonjakan kasus aktif, pihaknya sudah mulai tenang sedikit lantaran jumlah pasien yang terpapar Covid-19 di Pandeglang berangsur-angsur menurun.

Dari biasanya menangani 14 sampai 15 pasien dalam sehari, dirinya hanya menangani beberapa pasien saja dan tidak perlu bekerja keras selama 24 jam.

Dan kini, ia mulai kembali berjuang lebih keras lagi. Hal ini, karena angka terkonfirmasi positif di Pandeglang kembali naik dengan tajam pasca libur lebaran kemarin.

"Iya kita saat ini satu dokter spesialis paru untuk 14 pasien. Tak hanya itu tenaga kami juga kekurangan, lantaran untuk tenaga paramedis ada yang terpapar jadi butuh tambahan. Karena perawatan full, tidak ada keluarga yang membantu," ujarnya, Senin (21/6/2021).

Ia bahkan menjelaskan dalam satu hari, pasti terdapat tenaga paramedis yang terpapar Covid-19 lantaran tertular pasien yang lainnya.

Halaman
12
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved