Breaking News:

Masa Pendaftaran Diperpanjang, Peminat SMPN 15 Cilegon Cuma 14 Siswa

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon, Ismatullah mengatakan SMP Negeri 15 Cilegon tetap akan beroperasi meski hanya ada 14 siswa

Penulis: Khairul Ma'arif | Editor: Abdul Qodir
Wartakotalive.com
Ilustrasi siswa SMP 

Laporan Wartawan TribunBanten.com, Khairul Ma'arif

TRIBUNBANTEN.COM, CILEGON - Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di SMP Negeri 15 Cilegon sepi peminat dan belum memenuhi batas kuota pada tahun pertama beroperasinya.

Hingga dimulainya Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) pada Senin (12/7/2021), baru ada 14 siswa yang mendaftar di SMP Negeri 15 Cilegon. Padahal, masa PPDB untuk SMP tersebut diperpanjang hingga 12 Juli 2021. 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Cilegon, Ismatullah mengatakan SMP Negeri 15 Cilegon tetap akan beroperasi meski hanya ada 14 siswa yang melakukan kegiatan belajar-mengajar.

"Karena pada prinsipnya kami belum menutup PPDB untuk di SMP Negeri 15 Cilegon. Artinya, masih bisa menerima siswa, sambil jalan," ujar Ismatullah kepada TribunBanten.com di SDN Cikuasa 2, Cilegon, Senin (12/7/2021).

Baca juga: Klarifikasi Dindikbud Banten terkait Server Down saat Pengumuman PPDB SMA 2021

SMP Negeri 15 Cilegon pada tahun pertama beroperasinya meminjam gedung SDN Cikuasa 2 di Jalan H Leman Pintu Air, Lingkungan Gerem Kagungan, Kelurahan Gerem, Kecamatan Gerogol, Kota Cilegon.

SMP Negeri 15 Cilegon menempati gedung SD Negeri Cikuasa 2 Kota Cilegon di Jalan H Leman Pintu Air, Lingkungan Gerem Kagungan, Kelurahan Gerem, Kecamatan Gerogol, Kota Cilegon, Senin (12/7/2021).
SMP Negeri 15 Cilegon menempati gedung SD Negeri Cikuasa 2 Kota Cilegon di Jalan H Leman Pintu Air, Lingkungan Gerem Kagungan, Kelurahan Gerem, Kecamatan Gerogol, Kota Cilegon, Senin (12/7/2021). (TribunBanten.com/Khairul Ma'arif)

Ia mengatakan PPDB di SMP Negeri 15 Cilegon akan terus dilakukan untuk melaksanakan program wajib belajar 9 tahun.

Untuk memenuhi batas minimal kuota 62 siswa beropeasinya sekolah baru, pihaknya akan terus menyosialisasikan kepada masyarakat tentang adanya sekolah baru ini.

Dan hal itu memerlukan waktu.

"Masih ada beberapa murid yang tidak bersekolah di usia SMP, nah ini yang akan menjadi sasaran kami," katanya.

Baca juga: Segera Daftar, Berikut Daftar 32 SMP di Kabupaten Serang yang Masih Mempunyai Kuota Siswa

Menurut Ismatullah, sepinya siswa yang mendaftar di SMP Negeri 15 Cilegon di antaranya disebabkan sekolah tersebut berada di lingkungan berbasis religi.

"Sehingga masyarakat Kecamatan Gerogol ini banyak yang berminat bersekolah di pesantren dan MTS (Madrasah Tsanawiyah)," tuturnya.

Selain itu, sepinya peminat di SMP Negeri 15 Cilegon dikarenakan PPDB MTSN 3 Kota Cilegon telah lebih dulu melaksanakan PPDB. Padahal, kedua sekolah itu berada dalam satu wilayah.

Meski begitu, ia meyakini banyak siswa yang mendaftar ke SMP Negeri 15 Cilegon jika telah mempunyai gedung sekolah sendiri.

Untuk diketahui, terdapat 15 Sekolah Dasar dengan jumlah lulusan sebanyak 540 murid di Kelurahan Gerogol .

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved