Breaking News:

Virus Corona

Tips! Hindari Bangkrut saat Pandemi Corona, Perusahaan Harus Waspada Risiko Gagal Bayar Utang

Pengamat pasar modal, Kiswoyo Adi Joe, mengatakan perusahaan yang mempunyai manajemen baik akan mampu bertahan di masa pandemi Covid-19.

Editor: Glery Lazuardi
Nikkei Asian Review
Ilustrasi - Ini 8 Negara yang Terlilit Utang dengan China dan Diprediksi Bangkrut, Adakah Indonesia? 

TRIBUNBANTEN.COM - Pengamat pasar modal, Kiswoyo Adi Joe, mengatakan perusahaan yang mempunyai manajemen baik akan mampu bertahan di masa pandemi Covid-19.

Menurut dia, manajemen perusahaan yang baik adalah manajemen yang sudah bisa mengantisipasi kewajiban jauh hari, sebelum surat utang tersebut jatuh tempo.

“Kalaupun bisnis tertekan imbas Covid-19, manajemen sudah bisa mengantisipasi sejak tahun lalu, bukan mendekati jatuh tempo baru melakukan roll over, dan akhirnya malah gagal bayar,” ujarnya, Selasa (13/7/2021).

Baca juga: Di Masa PPKM Darurat, 30 Persen Pekerja Sektor Formal Berpotensi Di-PHK

Menurut dia, kondisi gagal bayar surat utang sangat berdampak serius terhadap reputasi dan kepercayaan publik terhadap manajemen maupun perusahaan.

Terlebih jika ternyata bisnis dan fundamental perusahaan masih baik dan berjalan normal.

“Aneh jika manajemen mengaku fundamental dan operasional masih bagus, tapi tidak mampu memberikan skema terbaik dan optimal untuk membayar kewajibannya ke bondholder,” kata dia.

Pernyataan itu disampaikan menanggapi upaya pemohonan Penundaan Kewajiban Pembayaran Utang (PKPU) terhadap PT Tridomain Performance Materials Tbk (TDPM)

PT Mandiri Manajemen Investasi (MMI) melalui kuasa hukumnya Raden Suharsanto Raharjo (Suharsanto) dari Kantor Hukum AKSET mengajukan PKPU atas TDPM di Pengadilan Niaga Jakarta Pusat, pada pada Kamis (8/7/2021).

Anak usaha PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) tersebut mengajukan PKPU atas TDPM lantaran proposal restrukturisasi utang yang diajukan TDPM dianggap merugikan investor.

TDPM mengajukan proposal restrukturisasi atas gagal bayar medium term notes (MTN) Seri II tahun 2018 kepada MMI, yang menjadi underlying asset Reksa Dana Terproteksi Mandiri Seri 147, 151 dan 152.

Baca juga: Update PKPU KSP-SB: 28 Anggota Tunduk Skema Perdamaian

Halaman
12
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved