Breaking News:

Idul Adha 2021

Tata Cara Salat Idul Adha 1442 H di Rumah, Lengkap dengan Niat dan Khutbahnya

Salat Id dilakukan di rumah untuk warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) atau berada di wilayah zona merah penyebaran Covid-19.

Editor: Yudhi Maulana A
Kompas.com/Garry Lotulung
Ilustrasi salat berjemaah dengan protokol kesehatan - Umat Islam melaksanakan shalat Idul Adha di Jalan Pramuka Raya, Cempaka Putih, Jakarta Timur, Jumat (31/7/2020). Umat Islam menggelar shalat Idul Adha secara berjamaah dengan menerapkan protokol kesehatan seperti jaga jarak serta wajib mengenakan masker guna mencegah penyebaran Covid-19. 

TRIBUNBANTEN.COM - Berikut panduan dan tata cara salat Id saat Idul Adha 20 Juli 2021 esok hari.

Salat Id dilakukan di rumah untuk warga yang sedang menjalani isolasi mandiri (isoman) atau berada di wilayah zona merah penyebaran Covid-19.

Selain itu, di masa PPKM Darurat, masyarakat lainnya diimbau untuk menjalankan Salat Idul Adha di rumah.

Hal itu disampaikan oleh Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas melalui Surat Edaran No 17 Tahun 2021 tentang Peniadaan Sementara Peribadatan di Tempat Ibadah, Malam Takbiran, Salat Idul Adha dan Petunjuk Teknis Pelaksanaan Qurban 1441H/2021 di wilayah PPKM Darurat.

Shalat Idul Adha di rumah bisa dikerjakan secara sendiri-sendiri atau berjamaah.

"Edaran ini antara lain mengatur terkait dengan peniadaan sementara kegiatan peribadatan di rumah ibadah."

Baca juga: Rayakan Idul Adha 2021, Ini Deretan Artis Muda yang Sudah Siapkan Hewan Kurban, Harganya Fantastis

"Artinya, di rumah-rumah ibadah tidak dilakukan kegiatan yang menghadirkan jemaah di masa PPKM Darurat ini," kata Menag dikutip dari laman resmi Kemenag, Minggu (18/7/2021). 

Berikut ini panduan dan tata cara Shalat Idul Adha 2021, dikerjakan sendirian atau berjamaah, disertai contoh khutbah Idul Adha. 

Panduan Shalat Idul Adha di Rumah

Panduan Shalat Idul Adha ini merujuk pada Fatwa Majelis Ulama Indonesia (MUI) terkait pelaksanaan Shalat Idul Adha di masa Pandemi. 

Halaman
1234
Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved