Breaking News:

PPKM

PPKM Diperpanjang Hingga 2 Agustus, Pemerintah Tingkatkan Testing & Tracing di 7 Wilayah Aglomerasi

Pemerintah akan meningkatkan testing dan tracing terhadap Covid-19 pada wilayah Jawa-Bali. Upaya itu dilakukan di masa perpanjangan PPKM Level 4.

Editor: Glery Lazuardi
Shutterstock via Kompas.com
Ilustrasi tes Covid-19 untuk mendeteksi infeksi virus corona. 

TRIBUNBANTEN.COM - Pemerintah akan meningkatkan testing dan tracing terhadap Covid-19 pada wilayah Jawa-Bali.

Upaya itu dilakukan di masa perpanjangan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat ( PPKM) level 4 mulai dari 26 Juli hingga 2 Agustus 2021.

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Panjaitan mengungkapkan, kegiatan testing dan tracing akan ditingkatkan secara masif pada 7 wilayah aglomerasi di Jawa dan Bali.

Seperti di Jabodetabek, Bandung Raya, Semarang Raya, Surabaya Raya dan lainnya.

“Kegiatan tracing ini akan dikoordinir oleh TNI bersama Polri dan puskesmas-puskesmas di masing-masing wilayah, untuk testing tetap dilakukan tenaga kesehatan,” terang Luhut dalam konferensi pers virtual, Minggu (25/7).

Baca juga: Catat! Pemeriksaan STRP Tetap Berlaku saat Perpanjangan PPKM Level 4

Baca juga: Aturan Baru PPKM: Tempat Makan Buka Sampai Pukul 20.00, Boleh Dine in Maksimal 20 Menit

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto menambahkan, terkait upaya tracing salah satunya akan mengoptimalkan digital tracing.

Yaitu sistem aplikasi peduli lindungi yang akan di upgrade untuk melakukan screening di mall atau di merchant.

Nantinya, sistem ini akan dihubungkan dengan sistem di Kementerian Kesehatan dan Kementerian komunikasi dan Informatika.

“Sehingga menggunakan QR code bisa menscreen mereka yang sudah tervaksinasi dan juga yang sudah di tes PCR. Ini diharapkan pada saat nanti akan ada pembukaan di tempat-tempat umum diharapkan program pedulilindungi bisa golife bisa disiapkan,” ujar Airlangga.

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan, kapasitas produksi oksigen untuk penanganan Covid-19 di luar Jawa-Bali akan ditingkatkan.

Seperti peningkatan kapasitas produksi pada sentra pabrik di wilayah Batam, Morowali, dan Wedabe.

Baca juga: PPKM Diperpanjang hingga 2 Agustus, Berikut Daftar Daerah di Banten Terapkan PPKM Level 3 dan 4

Baca juga: PPKM Level 4 Diperpanjang, Ini Aturan Rinci Pelonggaran untuk Pasar, Pedagang, dan Usaha Kecil

Demikian juga terkait ketersediaan obat, pemerintah akan memberikan kemudahan impor bahan baku bagi para perusahaan di bidang farmasi, BUMN maupun swasta yang punya izin impor.

“Namun untuk di daerah perbatasan itu antara lain di Kalimantan Barat atau Kalimantan Utara, pemerintah akan memberikan kemudahan untuk impor oksigen dan ini akan segera dibuatkan regulasi yang menyederhanakan,” ucap Airlangga.

Tulisan ini sudah tayang di kontan.co.id berjudul Tes dan pelacakan di 7 wilayah aglomerasi Jawa-Bali ini akan ditingkatkan

Sumber: Kontan
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved