Breaking News:

Virus Corona di Banten

Ini Daerah Dengan Tingkat Kepatuhan Protokol Kesehatan Tertinggi di Banten

Kabupaten Lebak menjadi kota/kabupaten tertinggi tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan (prokes) di Banten.

Penulis: Marteen Ronaldo Pakpahan | Editor: Glery Lazuardi
HandOut/Istimewa
ILUSTRASI pemakaian masker. 

Laporan wartawan TribunBanten.com, Marteen Ronaldo Pakpahan

TRIBUNBANTEN.COM, LEBAK - Kabupaten Lebak menjadi kota/kabupaten tertinggi tingkat kepatuhan masyarakat terhadap protokol kesehatan (prokes) di Banten.

Pernyataan itu disampaikan Asisten Daerah II Pemkab Lebak, Ajis Suhenda.

Berdasarkan data yang diperoleh TribunBanten.com, tingkat ketaatan masyarakat Kabupaten Lebak dalam menggunakan masker mencapai 93,59 persen.

Sementara itu, tingkat kepatuhan warga menjaga jarak sudah mencapai 95,86 persen selama penerapan Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat Level 3 di Kabupaten Lebak.

Menurut dia, Kabupaten Lebak mengungguli Kabupaten Serang 93,59 persen dan Kota Cilegon 87,45 persen terkait kepatuhan prokes.

"Tingkat kepatuhan memakai masker kedua setelah Kabupaten Serang, namun untuk kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan berada di posisi tertinggi di Banten," ujarnya saat dihubungi, Jumat (30/7/2021).

Baca juga: Alasan Warga di Lebak Ini Berani Vaksin Covid-19 Bikin Haru

Baca juga: Warga Geruduk Kantor Desa di Lebak untuk Ambil BST Rp 600 Ribu Meski Harus Vaksinasi di Tempat

Ajis menjelaskan persentase tingkat kepatuhan masyarakat Lebak meningkat tajam mengenai memakai masker double dan menjaga jarak dengan adanya pembatasan operasional malam dan yang lainnya.

Selain itu, pihaknya juga mengklarifikasi tingkat kepatuhan prokes berdasarkan zonasi seperti zona merah dengan tingkat kepatuhan sangat rendah yakni di bawah <60%, zona orange 61-75%, zona kuning 76-90% dan zona hijau dengan tingkat kepatuhan 91-100%.

Untuk, tingkat kepatuhan terendah di Kabupaten Lebak, kata dia, terdapat di Kecamatan Muncang dan Cimarga.

"Kalau berdasarkan monitoring kepatuhan prokes, untuk indikator kepatuhan memakai masker, yang orange itu di kecamatan Sajira dan Muncang. Kepatuhan menjaga jarak dan menghindari kerumunan orange itu di Kecamatan sajira, banjarsari, Gunung Kencana. Sedangkan di zona merah ada di Muncang dan Cimarga," ujarnya.

Pihaknya akan memperketat kembali penerapan prokes di Lebak sekalipun tingkat kepatuhan masyarakat sudah tinggi.

"Penerapan prokes akan terus kita perketat melalui PPKM Level 3 khususnya di tingkat Kecamatan. Selain itu, kini kita juga tengah menggencarkan vaksinasi covid-19 disetiap pelosok Kabupaten Lebak," tambahnya.

Sumber: Tribun Banten
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved