Breaking News:

Pilkades Serentak di Kabupaten Tangerang Kembali Ditunda, Ini Alasannya

Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 77 Desa di Kabupaten Tangerang, Banten ditunda.

Editor: Glery Lazuardi
Tribunnews.com
Ilustrasi Pemilihan Kepala Desa atau Pilkades Serentak 

TRIBUNBANTEN.COM - Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) Serentak di 77 Desa di Kabupaten Tangerang, Banten ditunda.

"Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Tangerang dan Forkopimda Kabupaten Tangerang mengumumkan, adanya Instruksi dari Mendagri tentang penundaan pelaksanaan pilkades serentak dan pergantian antar waktu pada masa perpanjangan penerapan PPKM level 4, 3, 2 dan 1," ujar Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar, Minggu (1/8/2021).

Baca juga: Pilkades Serentak di Pandeglang Digelar 15 Agustus, Cakades Dilarang Dangdutan dan Babacakan

Baca juga: Pilkades di Kabupaten Serang: Berikut Larangan dan Hal-hal yang Perlu Diperhatikan Selama di TPS

Upaya penundaan itu berdasarkan Instruksi Mendagri dan hasil Rapat Forkopimda Kabupaten Tangerang.

Keputusan penundaan Pilkades serentak itu didasarkan dari Instruksi Mendagri nomor 114/3417/BPD, tanggal 27 Juli 2021 tentang penundaan pelaksanaan Pilkades serentak dan pergantian antar waktu pada masa perpanjangan penerapan PPKM level 4, 3, 2 dan 1.

Lalu, dituangkan dalam Surat Keputusan Bupati Tangerang Nomor 114/Kep.1018-Huk/2021, tertanggal 31 Juli 2021, tentang Perubahan Kedua Atas Keputusan Bupati Tangerang Nomor 141/Kep.774-Huk/2021, tentang Penundaan Pelaksanaan Pemungutan Suara Dalam Pemilihan Kepala Desa Secara Serentak di masa pandemi Covid-19.

Menurut dia, lanjutan dari Instruksi Mendagri tersebut Forkompinda Kabupaten Tangerang sudah melakukan rapat koordinasi.

Hasilnya memutuskan untuk melanjutkan dan ikut memutuskan Pilkades serentak di Kabupaten Tangerang ditunda sampai ada kebijakan Pemerintah Pusat.

Lebih lanjut menurut Bupati, apalagi terkait dengan penerapan PPKM level 4 di Kabupaten Tangerang yang masih berjalan pada saat ini maka keputusan penundaan tersebut diambil.

"Saya mohon penundaan Pilkades serentak ini untuk disosialisasikan kepada seluruh masyarakat dan unsur terkait untuk ditaati," kata Zaki.

Sebelumnya, Kapolresta Tangerang, Kombes Sri Wahyu Bintoro pun memberikan arahan khusus jelang pesta demokrasi tersebut.

Halaman
12
Sumber: Warta Kota
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved